HomeBlog SalimBusiness Hack12 Peluang Kerja Online dari rumah, pelajar hingga Ibu rumah tangga

Kerja Online lazim dengan istilah Work from Home, semakin populer sejak pandemi melanda. Selain fleksibel kerja online dari rumah juga bisa menghasilkan uang, lalu apa saja pekerjaan online yang bisa dilakoni

Kerja Online dari rumah

Kini kerja online dari rumah bukan lagi sesuatu yang asing, terutama sejak pandemi melanda. Work from Home makin populer dikalangan pekerja kantoran.

Kerja online dari rumah memang banyak kelebihannya. Selain fleksibel, praktis kadang juga bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Bahkan pada beberapa kesempatan jauh lebih besar dari gaji kantoran.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin membahas apa saja pekerjaan online yang bisa anda tekuni beserta skill wajib untuk masing-masing pekerjaan tersebut.

Kami berharap, setelah membaca tulisan ini anda tidak lagi bingung harus menekuni pekerjaan apa. Karena kami sudah mengulas sebanyak 12 daftar pekerjaan online berbeda. Anda tinggal pilih dan tekuni.

Cara kerja Online dari rumah

Cara kerja online dari rumah cenderung mudah dan simpel. Anda hanya butuh pekerjaan yang tidak membutuhkan tatap muka plus perangkat pendukungnya.

Beberapa hal krusial yang harus dipenuhi untuk bisa bekerja online dari rumah adalah perangkat komputer/ laptop dan koneksi internet stabil.

Dibawah ini akan kita bahas daftar pekerjaan online yang bisa anda kerjakan dari rumah tanpa harus tatap muka langsung dengan klien/bos.

Yuk kita bahas satu persatu.

1. Penerjemah Online

Pilihan pekerjaan online pertama adalah menjadi penerjemah online.

Skill utama yang harus anda kuasai adalah kemampuan bahasa asing yang akan di terjemahkan. Bisa menterjemahkan dari Bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

kerja online jasa penerjemahSelain itu anda juga bisa menterjemahkan Mandarin ke Indonesia.

Untuk bekerja sebagai penerjemah online, anda bisa menawarkan jasa penerjemah secara mandiri tanpa harus bekerja diperusahaan lain.

Cukup buat website atau bergabung disitus-situs freelancer.

Opsi lainnya adalah dengan menemukan lowongan kerja online dari rumah terkait dengan skill anda ini, penerjemah bahasa.

Jika kita bekerja diperusahaan, kita tidak perlu repot dan pusing mencari klien yang akan menggunakan jasa kita. Berbeda dengan menawarkan jasa penerjemah secara mandiri, kita harus menemukan klien sendiri.

Untuk penghasilan jadi penerjemah online sebenarnya cukup tinggi. Apalagi jika anda bisa mendapatkan 3-5 klien baru setiap bulannya.

Setidaknya anda bisa menghasilkan 6 sampai 15 juta perbulan jika menawarkan jasa penerjemah online secara mandiri. Atau minimal 8 juta kalau anda bekerja pada perusahaan penerjemah online.

Namun besaran gaji sebagai penerjemah online sangat bervariasi. Tergantung pada kemahiran dan kualitas terjemahan anda.


2. Content Writer aka penulis artikel

Pekerjaan online berikutnya adalah menjadi Content Writer.

Sekilas kerja online sebagai penulis artikel terlihat sangat sepele. Padahal jika dilakukan dengan maksimal, maka penghasilannya bisa melebihi gaji kantoran.

Skill utama dari penulis artikel adalah kemampuan membuat artikel dari berbagai topik populer di internet. Seperti kesehatan, kecantikan, teknologi dan traveling.

Jika skill menulis artikel anda berada pada level menengah hingga advanced, setidaknya anda bisa menulis artikel 10-15 artikel sehari dengan harga 20-35 ribu per artikel.

kerja online dari rumah jasa penulisan artikel
@Unplash

Khusus untuk topik yang tidak membutuhkan riset rumit.

Akan tetapi utuk penulisan artikel yang membutuhkan riset lanjutan, biasanya harga artikel bisa lebih dari 75-150 ribu per artikel.

Jika anda konsisten mendapatkan project penulisan artikel dalam sebulan, maka setidaknya anda akan menghasilkan 5 sampai 7 jutaan sebulan.

Hasil yang lumayan untuk pekerjaan online dari rumah.


3. Menjadi SEO Specialist

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Merupakan serangkaian upaya optimasi website agar bisa tampil di Google paling atas.

Nah, teman-teman yang ingin bekerja online dari rumah juga bisa menjadi SEO Specialist. Menawarkan layanannya pada pemilik website atau bekerja diperusahaan yang membutuhkan SEO Specialist.

Skill wajib untuk pekerjaan online yang satu ini tentu saja kemampuan melakukan SEO dengan baik. Seperti Technical SEO, Onpage SEO dan Off-page SEO.

Untuk anda yang ingin bekerja diperusahan-perusahaan multi nasional dengan sistem remote, coba cari lowongan SEO Specialist di beberapa situs populer.

Seperti Linkedin dan Jobstreet.

Untuk gaji sebagai SEO Specialist ini bervariasi. Tergantung pada level skill anda serta kelas perusahaan tempat anda bekerja.

Tapi setidaknya anda bisa menghasilkan 5-15 juta sebulan dengan skill sebagai SEO Specialist. Penghasilan akan lebih besar jika anda menawarkan Layanan SEO ini secara mandiri. Seperti yang kami lakukan.

Setidaknya kami bisa menghasilkan 10-60 juta sebulan.

Hanya saja, kita harus tekun menemukan klien baru yang akan menggunakan Layanan Optimasi website, dan ini bukanlah pekerjaan mudah : )


4. Jasa Arsitek (Desain Rumah)

Pekerjaan online selanjutnya adalah jasa desain rumah.

Umumnya yang memiliki skill ini adalah arsitek dan teknik sipil. Jika anda seorang arsitek ada baiknya menawarkan jasa anda secara online.

Sebenarnya anda juga bisa bergabung di studio-studio besar, hanya saja tidak semua studio yang menerapkan sistem kerja remote dari rumah. Sehingga keinginan anda untuk bisa bekerja dari rumah sulit terwujud.

Akan tetapi dengan menawarkan layanan anda secara mandiri, tentu bisa mewujudkan impian untuk kerja online dari rumah. Selain lebih fleksibel, kita juga bisa menjaga ritme kerja sesuai dengan style kita.

Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah membuat website.

Selanjutnya mulai membangun portfolio untuk membangun trust publik pada keahlian kita. Mulailah dari pekerjaan mikro dengan biaya terjangkau.

Dengan cara ini anda bisa membangun reputasi secara bertahap sampai dipercaya memegang project-project besar.

Untuk penghasilan tentu anda sebagai arsitek lebih tahu. Tapi biasanya arsitek profesional akan dibayar 3%7% dari total biaya project.

Bahkan beberapa ada yang menawarkan dengan biaya yang lebih murah, yakni hanya 100ribu  permeter. Ini artinya, jika luas bangunan 150 m2 maka setidaknya anda menghasilkan 15 jutaan per project.

Lumayan banget menghasilkan segitu dengan bekerja dari rumah.


5.  Web Developer/Jasa pembuatan website

Kerja online dari rumah juga bisa ditekuni oleh mereka yang memiliki skill membuat website profesional.

Skill wajib yang harus dikuasi tentu membuat website.

Jika anda tidak menguasai bahasa pemograman dengan baik, cobalah untuk menguasai cara membuat website menggunakan WordPress.

Platform WordPress selain gratis juga memiliki banyak sekali kelebihan. Seperti theme, plugin, komunitas yang solid serta up to date.

Saran kami mulailah belajar WordPress. Manfaatkan Youtube untuk mengasah skill anda dalam membuat website profesional menggunakan WordPress.

Untuk penghasilan cukup menjanjikan.

Setidaknya anda bisa menghasilkan 2-6 juta perbulan jika mampu mendapatkan 2-4 klien baru setiap bulannya.

Manfaatkan semua channel pemasaran untuk mendapatkan klien baru. Mulai dari Google organik, Instagram, Tiktok, Facebook bahkan marketplace.


6. Jualan Online

Untuk bisa kerja online dari rumah tidak selalu harus bergabung dengan perusahaan. Tetapi juga bisa dengan menekuni jualan online.

kerja online dari rumah jualan bajuBahkan sebagian besar praktisi internet marketer berhasil menghasilkan uang ratusan juta bahkan miliaran dari jualan online.

Jualan online ini tidak harus punya produk sendiri. Diawal anda tidak perlu berfikir untuk memproduksi sendiri. Mulailah dengan menjualkan produk orang lain.

Sampai skill jualan online anda terasah dengan baik.

Dan yang paling penting sampai anda memiliki database pelanggan yang nantinya kita tawarkan produk saat kita launcing produk sendiri.

Disinilah rahasia sukses banyak seller online yang sudah memiliki produk sendiri. Diawal mereka menjadi dropshipper atau reseller dulu. Setelah databasenya banyak, barulah mereka produksi sendiri.

Skill wajib yang harus dikuasai tentu skill jualan, CS dan internet.


7. Tutor Online

Pekerjaan online yang tidak kalah kerennya serta mampu menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta adalah menjadi tutor online.

Menjadi tutor online tidak sama dengan menjadi tutor off-line.

Anda cukup membuat video panduan/pembelajaran dan kemudian  bangun sistem pembelajaran online dengan sistem LMS (Learning Management System).

Ya, kira-kira seperti kursus online.

kerja online dari rumah jual kursus onlineJadi dengan cara ini kita cukup produksi video pembelajaran sekali saja, tapi bisa kita jual berkali-kali pada orang yang berbeda.

Misalnya kita buat video pembelajaran Matematika SD kelas 4. Kemudian kita jual dengan harga 49ribu sampai 99ribu per topik.

Selanjutnya tinggal pasarkan pada market yang tepat. Dalam hal ini adalah orangtua siswa yang memiliki anak usia SD.

Bahkan anda bisa bekerja sama dengan sekolah.

Untuk meningkatkan penghasilan anda tinggal melakukan 2 hal saja. Pertama meningkatkan jumlah orang yang beli dan kedua memperbanyak materi pembelajaran yang bisa diakses siswa kursus online anda.

Jika diawal video pembelajaran hanya untuk Matematika tema FPB dan KPK, selanjutnya cobalah video pembelajaran Bahasa Indonesia, Sains dan lainnya.

Jika anda mengerti alur bisnis ini dengan baik, maka mendapatkan 30 juta hingga 100 juta sebulan bukanlah sesuatu yang sulit.

Dengan teknik ini anda tidak perlu lagi cari lowongan kerja online dari rumah, karena anda sendiri sudah menciptakan lowongan pekerjaan itu sendiri.


8. Jasa pendampingan Skripsi

Kami sangat yakin bahwa membuat skripsi itu gampang-gampang susah.

Dikatakan gampang, nyatanya banyak yang gagal dan bahkan drop-out gara-gara tidak kunjung tuntas buat skripsinya.

Jika susah, buktinya banyak yang akhirnya jadi Sarjana.

Terlepas dari fakta diatas, sebenarnya kita bisa menghasilkan uang dengan mudah dengan menawarkan Jasa pendampingan skripsi.

Jasa pendampingan skripsi ini berbeda dengan jasa pembuatan skripsi.

Pendampingan ini ada interaksi yang intens antara pendamping dengan orang yang dibimbing skripsinya. Ada tanya jawab, pendalaman materi dan lain sebagainya.

Berbeda dengan jasa pembuatan skripsi yang terima jadi.

Dan anda bisa sesuaikan jasa pendampingan pembuatan skripsi ini dengan jurusan/bidang yang anda kuasai. Untuk hasil yang maksimal, cobalah untuk mengajak teman-teman lain dengan jurusan berbeda.

Sehingga semakin banyak mahasiswa yang bisa menggunakan layanan pendampingan pembuatan skripsi ini. Ini artinya profit anda semakin besar.

Siapa yang paling berpeluang memanfaatkan peluang pekerjaan online satu ini? Menurut hemat kami adalah Dosen.

Sayang sekali jika anda punya banyak waktu tapi tidak dioptimalkan untuk menghasilkan lebih banyak uang tanpa harus keluar rumah.


9. Konsultan Pajak Online

Untuk teman-teman yang memiliki keahlian terkait dengan pajak, atau setidaknya punyak akses kepada orang-orang yang punya skill ini. Maka bisa membuka layanan konsultan pajak online.

Diluaran sana ada banyak UMKM yang awam dengan pajak.

Sementara kalau mereka membayar konsultan pajak profesional tentu bayarannya mahal sekali. Jadi, disinilah peluang baik bagi teman-teman.

Menjadi konsultan pajak online bisa bekerja dari rumah seperti impian teman-teman. Kita tidak perlu bertemu langsung dengan klien.

Kunci keberhasilan bisnis konsultan pajak ini terletak pada harga dan market yang ditarget. Ini harus dianalisa sebaik mungkin.

Sebenarnya bagi teman-teman yang lebih suka bekerja dengan perusahaan juga bisa. Tinggal cari di Linkedin dan tempat lain seputar lowongan pekerjaan online khususnya untuk konsultan pajak.

Kami pikir, banyak perusahaan sekarang memilih virtual asistant dibandingkan dengan karyawan yang ngantor setiap hari.

Lebih hemat tempat, operasional dan perangkat.


10. Jasa pembuatan Video

Satu dua tahun terakhir ini format video jauh lebih disukai dibandingkan gambar, sehingga platform yang berbasis video berkembang dengan cepat.

Sebuat saja Tiktok dan Youtube.

pekerjaan online dari rumah jasa video editingBagi anda yang punya skill membuat video dan editing video tentu saja hal ini adalah peluang kerja online yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan baru-baru ini sempat banyak yang cari jasa pembuatan video undangan pernikahan, karena diyakini lebih hemat.

Nah, bagi anda yang punya skill ini. Coba tawarkan skill anda pada orang-orang melalui instagram, facebook bahkan marketplace.


11. Jadi Blogger

Sebenarnya kerja online dari rumah dengan menjadi blogger sudah ditekuni oleh banyak orang sejak 10 tahun lalu.

Profesi ini bukanlah hal yang baru. Walaupun banyak yang baru tahu.

Untuk penghasilannya juga tidak bisa dianggap enteng. Jika anda mendapatkan niche yang tepat dan konsisten melakukannya. Maka penghasilan 10 juta hingga 50 jutaan setiap bulannya bukanlah hal yang sulit.

Apalagi jika anda menargetkan pasar berbahasa inggris. Biasanya hasilnya akan lebih besar dan maksimal.

Dengan jadi blogger kita bisa menghasilkan uang dari beberapa sumber seperti Adsense, produk affiliate, Paid Review, Content Placement dan lainnya.

Bahkan penulis sendiri rutin mendapatkan project Content Placement dari blibli, seva, astra dan beberapa website lainnya.


12. Broker Warrior

Hah, istilahnya aneh ya : )

Ya. Pekerjaan online berikutnya adalah broker warrior. Pekerjaan ini lazim disebut dengan Affiliate produk-produk digital.

Anda tinggal cari produk-produk berkualitas dan dibutuhkan banyak orang, kemudian bergabung sebagai affiliate selanjutnya tawarkan melalui channel pemasaran online yang anda miliki, misalnya facebook, ig dan Youtube.

Jika dilakukan dengan cara yang benar, maka hasilkan yang akan anda dapatkan dipastikan sangat memuaskan.


Bahasan terakhir tentang kerja remote

Kerja Online dari rumah memang sangat menjanjikan.

Tidak lagi karena kita bisa mengatur ritme kerja sesuka kita, tapi hasil yang didapatkan bisa melampaui ekspetasi banyak orang.

Jika kerja kantoran mungkin gaji kebanyakan orang antara 2-15 juta perbulan. Tapi dengan kerja online dari rumah penghasilan kita bisa naik signifikan tanpa harus mengeluarkan effort yang terlalu sulit.

Tidak perlu kuliah lagi,menambah waktu kerja termasuk macet-macetan di jalanan, untuk anda yang di Kota besar pasti berasa banget.

Nah, untuk anda yang berminat menekuni kerja online dari rumah mulailah kuasai setidaknya satu skill unik yang dibutuhkan banyak orang. Pastikan juga bayarannya pantas, termasuk tidak banyak kompetitornya.

Setelah menemukan ide pekerjaan onlinenya, mulailah kuasai skill wajib untuk menjalankan pekerjaan tersebut.

Kami jamin dalam hitngan 4-12 bulan anda sudah bisa menghasilkan melebihi gaji kantoran anda saat ini.

Tidak percaya? Silahkan dibuktikan.

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment