10 Alasan kenapa Google tidak mengindek website anda

Ada banyak alasan kenapa Google tidak mengindex website kita. Setidaknya ada 10 penyebabnya, lihat daftarnya disini.
kenapa google tidak mengindek website

Penyebab Website tidak terindex Google

Kita tahu bahwa untuk bisa tampil di Google paling atas maka website harus terlebih dahulu di crawling dan kemudian di index Google.

Setelah website terindex, barulah ia bisa ditampilkan di pencarian Google.

Setelah berhasil tampil di pencarian Google, kita harus berkompetisi dengan banyak website lainnya agar bisa tampil di Google paling atas.

Semakin relevan dan tinggi otoritasnya, semakin besar peluangnya.

Cuma kadang ada beberapa halaman website yang tidak kunjung di index oleh Google. Sehingga kita tidak bisa berharap bisa tampi di halaman pertama Google.

Jika anda menghadapi masalah yang sama, mungkin tulisan singkat kami ini bisa menjadi bacaan agar bisa mengetahui apa saja penyebab website tidak terindex Google.

Baik, mari kita bahas dibawah ini

1. Website terlalu lambat

Website yang loadingnya lambat tidak saja membuat Google enggan menampilkannya di halaman pertama Google, tapi jauh sebelum itu mereka malah tidak mengindeknya.

Karena tentu saja website lambat akan menghabiskan sumber daya mereka.

Banyak pakar SEO yang menasehati kita agar memastikan loading website cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membukanya.

Sebenarnya banyak cara untuk mempercepat loading website, langkah pertama adalah dengan menggunakan media yang rasional.

Misalnya, tidak memasang banyak video di halaman yang sama, tidak memasang gambar melebihi ukuran yang kita butuhkan, misalnya ukuran 2000 x 2000 px (2 MB).

Atau tidak menggunakan slider yang terlalu banyak.

Bahkan pada banyak kasus, kami justru menyarankan untuk tidak menggunakan slider. Karena slider sama sekali tidak memberikan impact signifikan pada konversi.

Sebaliknya, slider justru memperlambat loading website kita.

Untuk mengetahui kecepatan website anda saat ini, bisa melihatnya melalu Google PageSpeed Insight. Dan usahakan diatas 70 skala 100.

2. Website tidak Mobile Friendly

Beberapa tahun lalu Google memperkenalkan salah satu algoritma pencariannya. Kita mengenalnya dengan Mobile-First.

 Ini artinya, jika desain website anda tidak mobile friendy maka akan sangat sulit di index.

Google tidak akan pernah peduli dengan konten dan desain visual website anda jika ia tidak mobile friendly. Dan itulah mengapa kita perlu memperjuangkannya.

Lagipula, mendapatkan desain website yang mobile friendly tidak sesulit dulu. Bahkan untuk pengguna WordPress bisa didapatkan dengan cara yang sangat mudah.

Kita cukup memilih tema WordPress yang tepat.

Jika anda tidak terlalu yakin apakah desain website saat ini sudah mobile friendly atau belum, kami sarankan untuk mengeceknya disini

3. Konten website kualitas rendah

Sudah sangat sering kita baca bahwa kualitas konten sangat menentukan keberhasilan kita dalam mencapai target halaman pertama Google.

Jika kualitas konten anda seadanya, maka jangan pernah berharap bisa masuk 50 besar di pencarian Google. Bahkan untuk sekedar di index saja juga belum tentu.

Jadi, pastikan anda memiliki kualitas konten yang mumpuni.

Konten yang berkualitas tidak selalu karena memiliki banyak kata. Walaupun jumlah kata 1000 kata tentu sangat mungkin lebih baik dibandingkan dengan 500 kata.

Jumlah kata, relevansi dan struktur serta format yang tepat akan berpengaruh pada kualitas artikel yang anda terbitkan di website.

Pastikan konten yang dibuat mampu menjawab pertanyaan pengguna, selain itu ia harus disajikan se-informatif mungkin. Mulai dengan struktur konten hingga penggunaan media visual.

4. Website tidak user friendly

Lagi-lagi Google sangat mementingkan penggunanya.

Google tidak akan mentoleransi halaman website yang membutuhkan waktu yang lama untuk membukanya. Ditambah lagi dengan navigasi yang membingungkan.

Jadi, jika ingin website anda mudah terindex Google. Pastikan ia benar-benar bisa memuaskan penggunanya. Baik dari isi maupun teknisnya.

5. Memilki redirect berulang dan banyak

Kami cukup sering melihat halaman website yang menggunakan strategi ini. Padahal sebenarnya ini tidak bagus untuk SEO website kita.

Memasang link internal ke halaman yang sama. Artinya pengguna akan balik disitu-situ saja ketika mengeklik link yang anda berikan.

Lama-lama mereka akan close halaman website kita.

Selain masalah diatas, kita juga harus menyelesaikan redirect chain. Agar link juice yang dimiliki oleh halaman sumber bisa langsung disalurkan ke halaman tujuan.

6. Mengeblok Google Bot

Ini biasanya disebabkan oleh tindakan kita menginstall plugin yang ternyata malah mengeblok bot Google untuk merayapi halaman website kita.

Hal ini lebih sering disebabkan oleh hal yang tidak kita sadari.

Oleh karenanya, kita harus memeriksa file robots txt agar bisa mereview apakah mereka memblokir bot Google atau tidak.

Sebenarnya masih banyak penyebab kenapa google tidak mengindex halaman website kita seperti menggunakan JavaScript untuk render konten, meta Tag  No-Index dan Nofollow, Tidak menggunakan Sitemap dan bahkan karena nmasalah Technical SEO

Jika website anda tidak kunjung di index Google, mungkin ada baiknya anda melihat dan mereview beberapa hal yang kami sebutkan diatas.

Terakhir

Jika website anda terindikasi mengalami salah satu atau beberapa dari yang kami sebutkan diatas, segeralah perbaiki.

Kami juga sudah membuat postingan cara mempercepat postingan agar terindex Google, semoga saja bisa membantu.

Default image
Hidayat Mundana
Hi. Assalamu'alaikum. Saya Hidayat Mundana. Praktisi SEO sejak 10+ tahun lalu. Suka membaca topik-topik Digital Marketing.
Articles: 33

Leave a Reply