Sundar Pichai, orang paling berpengaruh di Google

Ini dia orang hebat dibalik Google, Sundar Pichai. Melalui tangan dinginnya, Google Chrome mampu menguasai pasar internasional

Rasanya tidak ada yang tidak tahu dengan Google, mesin pencari raksasa. Kecuali mereka yang benar-benar tidak pernah mengakses internet.

Google sudah sangat melekat dipikiran publik Indonesia.

Bahkan bulan ini market share pengguna internet Indonesia, 97.74% adalah pengguna Google, sisanya barulah pengguna Yahoo, Bing dan Duckduckgo.

Melalui Google kita dengan mudah mendapatkan berbagai informasi penting. Mulai dari yang paling sepele hingga yang paling banyak dicari orang.

Dan tahukah anda siapa dibalik kehebatan Google hari ini?

Ya, dia adalah Sundar Pichai.

Pria asal dia yang memiliki nama lengkap Pichai Sundararajan ini telah berada di belakang kemajuan Google sejak tahun 2004 lalu.

Namun, lompatan karirnya dimulai sejak tahun 2015 dimana Google memutuskan untuk merekstrukturisasi Google menjadi Alphabet.

Pada tahun itu ia menjabat sebagai Kepala Eksekutif Search Engine dan akhirnya berhasil membawa perusahaan mendapatkan keuntungan 2x lipat dibandingkan pertama kali ia menjabat di Alphabet, yakni $161.8 miliar.

Keberhasilannya membawa perusahaan mendapatkan profit yang signifikan dan konsisten akhirnya mengantarkannya pada jabatan yang lebih tinggi. Jabatan yang mungkin diimpikan banyak orang, CEO Google.

Tapi, sebelum itu semua Pichai bukanlah siapa-siapa.
Benarkah, yuk kita tilik lebih jauh.

Siapa Sundar Pichai

Tempat Kuliah Sundar Pichai India

Pria kebangsaan Amerika ini lahir di India, Chennai tepatnya pada tahun 1972. Ia merupakan mahasiswa Teknik Metalurgi di Institut Teknik India di Kharagpur.

Pichai kecil lahir dari keluarga yang sederhana.

Kenapa tidak, dia tidak punya kamar sendiri layaknya anak kelas menengah di India. Ia harus tidur bersama dengan adiknya diruang tamu.

Bahkan ia tidak memiliki televisi dirumahnya, apalagi mobil.

Ayahnya bekerja sebagai insinyur listrik, sedangkan ibunya seorang stenograger tidak mampu mengangkat kelas ekonominya dikala itu.

Namun, bakat bawaan dan kerja kerasnya mengantarkannya pada hasil yang sama sekali tidak pernah di impikannya selama ini

Default image
Hidayat Mundana

Hi. Assalamu'alaikum. Saya Hidayat Mundana. Praktisi SEO sejak 10+ tahun lalu. Suka membaca topik-topik Digital Marketing.

Articles: 41

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.