Apa itu “discourage search engines from indexing this site”

Mengenal fitur dasar WordPress

Tidak kita pungkiri bahwa WordPress memang sangat mudah digunakan apabila dibandingkan dengan platform yang lain.

Bahkan tidak saja mudah digunakan, WordPress juga menyediakan banyak sekali fitur tambahan yang memudahkan kita dalam melakukan SEO website.

Salah satu fitur penting dari WordPress adalah “discourage search engines from indexing this site”, bisa kita temukan dibagian setting >> reading dan scroll ke paling bawah halaman.

Cuma ternyata masih banyak pemula yang belum tahu apa yang harus dilakukan terhadap fitur penting dari WordPress ini.

Nah jika anda adalah salah satunya, mungkin postingan ini bisa anda baca dan pahami sehingga tahu apa fungsi dan kegunaannya.

Baik, mari kita bahas.

Apa arti ” discourage search engines from indexing this site”

Jika kita translate dari bahasa inggris, discourage search engines from indexing this site artinya cegah mesin pencari mengindex website ini.

Discourage search engines from indexing this site

Maksudnya, jika anda centang kotak yang ada pada fitur ini maka anda sedang melarang mesin pencari untuk mengindex website anda.

Namun jika anda menghilangkan centangnya, itu berarti anda mengizinkan mesin pencari manapun untuk mengindex seluruh halaman website.

Pengaturannya juga sangat simpel, cukup buka dashboar WordPress >> Setting >> Reading, kemudian scroll ke bagian bawah.

Kapan harus kita centang

Mungkin ada yang bertanya, lalu kapan kita mencentang kotak ini?

Jawaban singkatnya, ketika tidak ingin website anda di index Google. Biasanya kami lakukan khusus untuk website demo.

Kadang juga kami gunakan ketika klien meminta website hanya bisa di akses oleh kalangan terbatas. Sehingga tidak perlu di index Google.

Website tidak ditemukan di Google

Beberapa kali ada website owner yang konsultasi pada kami lantaran website mereka tidak kunjung bisa ditemukan di Google.

Setelah kami cek, ternyata mereka mencentang kotak yang ada pada bagian “Search engine visibility”, sehingga tidak di index Google.

Terakhir

WordPress sudah menyediakan begitu banyak fitur untuk memudahkan kita mengelola dan memasarkan website di internet.

Yang harus kita lakukan hanyalah mengetahui fungsi dan kegunaan dari setiap fitur yang disediakan sehingga memberikan manfaat signifikan pada kita.

Kami berharap, setelah ini anda tidak lagi melakukan kesalahan dengan mencentang kotak “discourage search engines from indexing this site” sehingga membuat website anda tidak kunjungi ditemukan di Google.

Default image
Hidayat Mundana
Hi. Assalamu'alaikum. Saya Hidayat Mundana. Praktisi SEO sejak 10+ tahun lalu. Suka membaca topik-topik Digital Marketing.
Articles: 33

Leave a Reply