HomeBlog SalimSEO Hack10 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung tanpa Bayar Iklan Sepersen Pun

10 Teknik dan cara agar blog ramai pengunjung tanpa harus bayar iklan dan mengeluarkan uang sepersen pun. Pahami tekniknya dan praktekan dengan konsisten, rasakan ledakan pengunjung yang tak pernah diduga.

Teknik dan Strategi supaya Blog ramai dikunjungi

Kita tahu bahwa kunci keberhasilan sebuah blog adalah trafik.

Blog keren tapi sepi pengunjung sama seperti pesta pernikhan super mewah di tengah hutan. Sepi dan mengkhawatirkan.

Tanpa trafik, tidak ada klik iklan. Apalagi penghasilan adsense.
Ngga ada kopi, akhirnya rebahan lagi.

Oleh karenanya, sebagai seorang blogger tentunya kita harus berusaha sekuat tenaga untuk mendatangkan pengunjung ke blog.

Makin ramai makin bagus, bisa cair tiap bulan.

Ada banya strategi, teknik dan cara agar blog ramai pengunjung. Mau cara berbayar maupun cara gratisan. Atau keduanya.

Nah, pada kesempatan ini kami berencana menulis 10 trik cara agar blog ramai pengunjung tanpa mengeluarkan uang sepersen pun.

Tertarik? Mari kita bahas sama-sama.

1. Tulis topik artikel yang banyak dicari

Kadang kita tergoda untuk menulis artikel sesuai minat dan kesenangan kita saja. Menulis puisi, kata-kata acak, kritikan dan sindiran pada pemerintah.

Pada kondisi tertentu itu tidak  ada masalah. Sing penting puas.

Menulis artikel sesuai intent
Gambar: Kueri cara menulis artikel

Tapi, jika harapannya banyak yang berkunjung ke website anda. Maka cara seperti itu tidak akan berhasil sama sekali, percayalah.

Jadi, mulai sekarang cobalah pendekatan yang berbeda.

Anda harus menulis topik dan artikel yang memang banyak diminati dan dicari orang menggunakan Google search.

Mulai lakukan riset kata kunci.

Ada banyak  tool riset kata kunci yang bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan Google Trend, Keyword Planner, Ubersuggest dan Keyword Revealer.

Menggunakan alat riset kata kunci tersebut cari tahu apa kata-kata yang digunakan pengguna Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Semakin besar volumenya makin bagus.

Walaupun kami juga menyarankan agar anda juga menganalisa kata kunci yang sudah ditemukan melalui riset kata kunci tersebut.

Analisa ini tujuannya agar kita bisa menemukan kata kunci yang potensial (banyak pencarinya), tapi minim persaingan di Google Search.

Jika anda sudah menemukan kata kuncinya, segera buat artikelnya.

Jika anda bingung bagaimana cara membuat artikel yang disukai pembaca, mungkin bisa baca tulisan kami yang lain terkait dengan panduan cara menulis artikel.

2. Pastikan konten sesuai dengan search intent

Baik, sampai disini kami anggap anda sudah menemukan kata kunci potensial untuk dijadikan artikel yang akan diterbitkan pada blog.

Potensial menurut kami artinya, volume pencarian memadai (minimal 150 pencarian per bulan) dan level persaingannya mudah hingga sedang.

Mudah dan sedang ini akan berbeda bagi setiap orang, ingat itu ya 🙂

Langkah kedua yang mesti anda lakukan adalah membuat artikel yang sesuai dengan search intent keyword. Lalu apa itu Search Intent?

Search Intent adalah motif yang melatar belakangi seseorang (pencari informasi di Google) menggunakan kata kunci tertentu.

Kata kunci yang mengandung kata-kata “harga”,”biaya” tentu akan berbeda intentnya dengan kata kunci yang mengandung kata “lokasi”.

Anda harus benar-benar memahami bedanya.

Karena ketika artikel yang kita buat tidak sesuai dengan search intent, biasanya akan kalah oleh artikel yang memiliki intent yang tepat.

Cara yang paling mudah mengetahui search intent dari sebuah kata kunci adalah dengan melihat konten website yang tampil pada 10 besar Google pencarian.

Ketikan kata kunci anda, kemudian cek satu persatu website yang muncul di Google.

Setidaknya anda cek 3-5 website. Kemudian coba pahami apa kira-kira search intent dari kata kunci yang anda ketikan tersebut.

Selanjutnya, mulailah menulis artikel sesuai search intentnya.

3. Buat artikel yang mendalam

Cara ketiga yang bisa anda tempuh agar pengunjung blog banyak adalah menerbitkan artikel yang membahas topik secara mendalam.

Tapi, ini ada pengecualiannya.

Khusus untuk artikel yang membutuhkan jawaban pendek, anda tidak perlu membuat artikel yang terlalu mendalam. Kesannya malah berbelit-belit.

Untuk kata kunci yang membutuhkan jawaban tepat, tapi perlu panjang-panjang. Kadang 100 kata pun sudah lebih dari cukup.

Misalnya, kode pos Jakarta Utara.

Untuk kata kunci seperti diatas, anda tidak perlu buat artikel 500-1000 kata. Selain membuang-buang energi, isinya juga bakalan ngawur.

Membuat artikel mendalam ini hanya cocok untuk beberapa topik yang membutuhkan penjelasan rinci, lengkap dan terstruktur.

Misalnya artikel edukasi, tutorial, review produk dan lain sebagainya.

Untuk model artikel yang memiliki intent seperti yang kami sebutkan diatas, usahakan untuk membuat artikel yang mendalam.

By the way, mendalam bisa juga diartikan artikel panjang.

Tapi perlu juga di ingat. Ketika menulis artikel panjang, anda harus membaginya menjadi  beberapa bagian yang terpisah.

Biasanya berdasarkan topik-topik pendek.

Coba perhatikan artikel yang sedang anda baca ini. Kami memisahkannya menjadi beberapa bagian menggunakan subjudul.

Dengan cara ini, artikel kita akan lebih mudah dipahami dan pembaca akan senang membacanya lebih lama bahkan sampai selesai.

Cara menulis artikel seperti selain berguna untuk meningkatkan time onsite, mengurangi bounce rate, ternyata juga bermanfaat untuk menargetkan banyak keyword sekaligus.

Jika anda pernah membaca postingan tentang “Cara ranking 1000 keyword dengan 1 artikel”, menulis panjang dan mendalam inilah strateginya.

Mungkin lain waktu kami akan menulis topik seputar “Teknik Clustering Keyword”, sehingga memudahkan kita membuat artikel mendalam dan sekaligus bisa mengoptimasi ratusan keyword sekaligus.

Sering-seringlah berkunjung ke blog kami ini.

4. Hubungi orang yan anda sebutkan di postingan

Teknik ke-4 bagaimana caranya agar blog ramai pengunjung tanpa harus bayar iklan adalah dengan menghubungi orang yang kita mention.

Memang teknik yang ke-4 ini sedikit agak tricky.

Kita sedang memainkan emosi seseorang. Siapa coba yang tidak senang kalau dirinya kita ulas pada postingan blog. Apalagi ulasannya positif semua.

Jika ulasan artikel menyebut orang yang lumayan terkenal. Dan saat dihubungi mereka dengan sukarela membagikan postingan kita pada komunitasnya.

Disitulah triknya, trafik blog anda langsung boooommmm!!

Tapi sekali lagi, teknik ini agak tricky. Kadang berhasil dan tak jarang juga yang gagal karena saat kita hubungi mereka tidak menanggapi apapun : )

Tapi, sebagai blogger kita harus mencabanya.

Jika ada portal berita yang tiba-tiba ramai, sebenarnya inilah teknik mereka gunakan. Agak menantang, tapi banyak yang berhasil

5. Optimalkan Teknik Guest Post dan Content Placement

Ya, teknik ini terbukti bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog dan website kita. Tidak jarang juga menghasilkan leads dan penjualan.

Jika trafik blog anda masih cupu, coba deh teknik ini.

Guest Post adalah salah satu teknik untuk membangun reputasi dan sekaligus generate trafik dari blog lain, dimana kita menerbitkan artikel berkualitas pada blog lain yang memiliki irisan market dengan kita.

Saat kita menerbitkan artikel berkualitas pada blog lain, biasanya kita akan mendapatkan beberapa benefit, diantaranya:

  1. Mendapatkan backlink berkualitas menuju website kita.
  2. Limpahan trafik, jika topik yang ditulis menarik dan disajikan dengan apik
  3. Peningkatan reputasi, baik blog maupun personal
  4. Brand Awarness, blog kita akan lebih dikenal dan di ingat

Lalu bagaimana dengan content placement, sebenarnya sama saja.

Tapi, pada banyak kasus kami perhatikan kualitas blog content placement masih dibawah dari blog untuk postingan tamu.

Sehingga kadang impactnya tidak terlalu terasa.

Lalu bagaimana, berarti tidak perlu lakukan content placement. Menurut kami lakukan saja, tinggal seleksi blog dengan ketat.

Karena tidak semua blog yang menawarkan content placement jelek. Beberapa blog mereka ada yang memiliki trafik ratusan ribu perbulan.

Owh ya, beda yang cukup signifikan antara guest post dan content placement sebenarnya pada biaya yang kita  keluarkan.

Guest Post kadang kita tidak bayar sama sekali. Walaupun ada juga blogger Indonesia yang minta bayaran : ), padahal kita sudah nulis artikel gratis untuk mereka.

Sementara kalau content placementnya umumnya memang berbayar. Anda harus menyiapkan budget untuk membayar blogger.

Jika anda punya pendapat berbeda dengan hal ini, boleh dishare ya : )

6. Ubah Tipe Content dan Terbitkan di Platform Berbeda

Kita tahu ada banyak sekali saluran pemasaran online yang bisa dimanfaatkan. Baik sosial media, Google maupun yang lainnya.

Nah, agar anda bisa mendatangkan trafik dari platform berbeda. Maka kita harus mengubah tipe konten menjadi konten yang sesuai dengan platform tersebut.

Misalnya artikel yang anda baca ini.

Kami akan merubah konten ini menjadi gambar dan kemudian menerbitkan ulang pada platform Instagram dan Pinterest.

Kita juga bisa memanfaatkan Youtube, Tiktok, Facebook dan lainnya.

Semakin kreatif menemukan tipe konten yang cocok untuk audien anda, maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan trafik blog berlimpah.

Coba praktekan dan laporkan progress anda disini.

7. Promosikan artikel blog di Forum terkait

Cara yang ke tujuh agar blog ramai di kunjungi adalah mempromosikan artikel yang sudah diterbitkan pada forum-forum terkait.

Yaitu forum-forum dimana audien anda berkumpul dan bersosialiasi.

Ini bisa saja grup facebook, forum ads id, grup whatsapp, telegaram, quora, brainly dan lain sebagainya. Tapi ingat, jangan nyepam : )

Berikanlah sesuatu yang bernilai pada mereka.

Jika postingan yang anda bagikan benar-benar mereka butuhkan, anda tidak perlu melakukan spamming untuk mendatangkan trafik.

Karena mereka akan datang sendiri ke blog anda.

Apalagi memang selama ini anda memiliki reputasi yang baik di bidang tersebut. Anda sering sharing seputar blogging di grup tersebut tanpa link postingan.

Kemudian ketika sesekali anda menyertakan link, mereka dengan sukarela akan mengunjungi artikel blog yang anda sertakan tersebut.

Yang perlu anda pahami pada  bagian ini adalah proses. Berproseslah, sharing-sharing dulu, baru bagikan link postingan kemudian : )

8. Tingkatkan Kinerja SEO Blog anda

Jika ingin blog memiliki trafik berlimpah, SEO adalah solusi yang rasional.

Pastikan setiap artikel yang anda terbitkan sudah memenuhi kaidah-kaidah SEO. Sehingga Google menampilkannya pada halaman pertama Google.

Untuk meningkatkan kinerja SEO Blog, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Sebagian mungkin sudah anda praktekan, diantaranya :

  1. Buat Postingan berdasarkan riset keyword
  2. Optimasi Judul Halaman
  3. Optimasi Judul dan Meta Deskripsi pada SERPs
  4. Tingkatkan kecepatan website
  5. Sertakan link internal relevan pada postingan
  6. Akusisi link berkualitas sebanyak mungkin, bisa gunakan PBN

Kita beharap, ketika blog kita sudah memenuhi standar SEO yang diharapkan Google. Maka akan lebih mudah untuk masuk halaman 1 Google.

Jika sudah masuk halaman pertama, apalagi Top 3. Maka trafik akan berdatangan tanpa henti walaupun anda sedang rebahan.

Jika anda masih awam dengan langkah yang ke delapan ini, bisa serahkan pada layanan optimasi website yang kami tawarkan.

Khusus untuk anda yang ada di Surabaya, kami menawarkan SEO Lokal Surabaya.

9. Jawab pertanyaan di Quora

Quora adalah salah satu website yang menyediakan fitur bertanya, menjawab dan berkomentar untuk penggunanya.

Saran kami, mulai buat akun anda disini.

Setelah mendaftar dan membuat akun, lengkapi profile ana dengan lengkap, jangan lupa sertakan link ke homepage anda.

Selanjutnya, mulailah meriset konten seputar topik blog anda. Cobalah untuk membuat daftar kontennya agar lebih mudah.

Selanjutnya, luangkan waktu anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui fitur Quora ini.

Saran kami, cukup jawab 1-3 pertanyaan sehari. 1 pertanyaan lebih ideal.

Ada bisa menjawab pertanyaan pada platform ini setiap hari, sesuai daftar pertanyaan yang sudah anda kumpulkan sebelumnya.

Yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan dan menyertakan link, jangan terlihat terlalu mempromsikan postingan.

Contoh terlalu mempromosikan :

“Kemaren kami sudah menulis artikel seputar cara mendatangkan banyak trafik blog, anda bisa baca melalui postingan ini” (kemudian menyertakan link).

Menurut kami, ini terlalu dipaksakan.

Akan lebih baik jika anda menulis 2-4 trik dulu, kemudian baru meminta mereka untuk melihat beberapa trik lanjutan yang tidak pernah mereka duga melalui postingan yang sudah anda terbitkan sebelumnya.

Dengan cara ini, mereka akan lebih termotivasi untuk berkunjung ke blog anda.

10. Promosikan melalui List Email anda

Sebenarnya ini bukanlah teknik baru untuk mempromosikan postingan artikel dan mendapatkan banyak kunjungan trafik.

Tapi, jarang sekali dilakukan blogger Indonesia.

Mungkin karena teknik ini diawal membutuhkan biaya. Tapi, sebenarnya ketika kita sudah punya list email yang banyak. Kita bisa promosikan poestingan dengan mudah.

Jika kita punya 100.000 list email, maka kita bisa kirimkan hanya hitungan menit.

Akan berbeda dengan Facebook, walaupun kita punya 100.000 fans. Tapi algoritma Facebook hanya menampilkan pada 1%-6% fans saja.

Itu setara dengan 1000-6000 fans saja.

Jadi, jika anda sudah punya list email. Tidak ada salahnya mengirimkan postingan pada mereka secara berkala, agar blog ramai pengunjung.

Opini terakhir

Perlu diketahui bahwa teknik dan cara mendatangkan banyak pengunjung ke blog akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Apalagi teknologi berkembang dengan sangat pesat.

Akan ada platform-platform baru yang bisa anda manfaatkan untuk membuat blog ramai pengunjung tanpa harus mengeluarkan uang sepersen pun.

Jadi, saran kami beradaptasilah dengan teknologi.

Jika ada platform baru yang bisa digunakan, jangan sungkan untuk menguji cobanya. Dengan cara ini, anda akan menguasai banyak trafik dengan mudah.


Sumber gambar:
https://stocksnap.io/author/wordpics

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment