HomeBlog SalimTips dan Trik10 Tips cara membuat press release yang benar dan disukai Media online

“Apa itu press release dan bagaimana cara membuat press release yang memiliki efek “booomm” sehingga produk anda viral dan dikenal khalayak dalam waktu singkat. Yuk kita bahas sama-sama dibawah ini.”

Mengenal apa itu Press Release

Press Release merupakan salah satu strategi pemasaran online untuk meningkatkan ekposur brand, reputasi serta trust calon pembeli.

cara membuat press release yang  benarDengan adanya press release di media-media online, maka produk maupun brand anda akan lebih mudah dikenal serta dipercaya memiliki reputasi yang baik.

Jadi, apa itu press release sebenarnya?

Press Release adalah publikasi berupa artikel ataupun video menggunakan media online atau cetak terpercaya dengan tujuan mempublikasikan informasi tertentu pada khalayak banyak dalam rangka promosi atau yang lainnya.

Untuk format press release terdiri dari beberapa tipe seperti opini, liputan acara, review, klarifikasi, kampanye, edukasi dan lain sebagainya.

Bahkan press release ini juga sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan multi-nasional dalam rangka tindakan manajemen reputasi.

Terkadang perusahaan sudah melakukan banyak hal baik untuk masyarakat. Akan tetapi karena tidak terpublikasi dengan maksimal membuat masyarakat banyak tidak tahu.

Namun, sayangnya saat perusahaan melakukan kesalahan kecil, banyak orang-orang yang dengan senang hati mempublikasikannya.

Akhirnya, citra perusahaan menjadi buruk dan negatif.

Disinilah pentingnya melakukan press release bagi perusahaan. Agar kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan oleh perusahaan bisa ditutupi oleh program-program CSR perusahaan yang terpublikasi dengan maksimal.

4 Kegunaan dan Manfaat Press Release

Ada banyak manfaat press release bagi bisnis anda. Untuk lebih jelas, kita akan bahas apa saja keuntungan menggunakan press release.

1. Meningkatkan Trust & Reputasi

Dengan adanya ulasan terkait dengan bisnis dan usaha anda di media massa, maka hal ini akan memberikan dampak positif pada bisnis anda.

Umumnya pemiliki produk yang berkaitan dengan kesehatan, keuangan dan kecantikan menggunakan media massa untuk meningkatkan trust pembeli pada produk mereka.

Dan anda bisa meniru pola yang sama.

2. Media pemasaran dan Generate Traffic

Tak dipungkiri bahwa media massa, terutama media online memiliki trafik yang sangat besar. Bahkan media online seperti Detik memiliki visitor sebanyak 182 juta pengunjung dalam 1 bulan saja.

Itu belum termasuk Tribunenews, Liputan6, Suara dan lainnya.

Kami sudah menerbitkan data trafik media nasional ini pada postingan yang berbeda. Silahkan anda kunjungi.

3. Sarana publikasi super instan

Selain untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan perusahaan anda, media massa online juga berguna untuk sarana publikasi instan.

Kita tidak butuh waktu lama untuk mempublikasikan informasi pada khalayak.

4. Meningkatkan penjualan

Jika produk anda sudah dikenal, dipercaya dan diakses oleh banyak calon pembeli maka sangat mungkin terjadinya ledakan penjualan.

Dengan strategi yang tepat, maka press release yang dilakukan akan benar-benar berdampak pada peningkatan penjualan produk secara online maupun off-line.

Nah, untuk mencapai ini tentu kita harus tahu bagaimana cara membuat press release yang baik sehingga disukai pembaca dan media massa.

Cara membuat press release yang benar serta disukai oleh media online nasional

Nah, sekarang kita akan bahas bagaimana cara penulisan press release yang benar sehingga media online dengan senang hati menerbitkannya.

Setidaknya, beberapa tips simpel dibawah ini bisa anda coba.

1. Tetapkan intisari press release

cara menulis press release topik utamaLangkah awal yang harus dilakukan adalah menetapkan topik press releases teman-teman. Baik untuk press release produk maupun perusahaan.

Ini menjadi sangat penting karena menjadi pijakan kita untuk mengembangkan topik menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Bahkan pada kondisi tertentu, topik utama dari press release ini bisa juga dijadikan judul dari press release tersebut.

Terkait dengan judul, usahakan membuat judul yang relate dengan trend saat ini. Dimana trend tersebut sedang melekat dibenak khalayak pada saat ini.

Tapi ingat, trend ini juga harus relate dengan topik press release kita.

Misalnya sedang trend “kosmetik abal-abal tanpa BPOM”, maka ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk release produk kosmetik yang sudah BPOM. Sehingga saat release anda dilihat, mereka langsung terkoneksi dengan judul release anda.

Ini akan memberikan efek “Booomm” dibenak masyarakat.

Produk anda akan menjadi antitesa dari produk-produk yang sedang dihindari masyarakat. Bisa jadi ini juga momentum penting bagi produk anda.

Tapi sayangnya banyak pemilik brand yang tidak menyadari momentum ini. Atau bisa juga karena budget marketing produknya terlalu mepet ke bawah  🙂

2. Angle yang tepat

Saran kedua dari kami ketika membuat press release yang disukai oleh media dan sekaligus khalayak adalah sesuai dengan angle target pembacanya.

Note: Pastikan tidak keluar dari tujuan utama menerbitkan press release.

Angle yang tepat bertujuan agar press release yang diterbitkan mendapatkan efek virality. Karena sudut pandangnya sesuai dengan fikiran pembaca.

Jika anda mampu menulis press release dengan angle yang tepat serta sesuai dengan tujuan utama press release, ini akan memberikan efek yang signifikan pada press release anda.

Seperti contoh press release yang kami sebutkan diatas, ketika fikiran masyarakat sedang dirasuki rasa takut karena kosmetik abal-abal. Kemudian anda menerbitkan press release pentingnya izin BPOM untuk jaminan kesehatan konsumen, diharapkan respon terhadap press release anda akan semakin baik.

Jadi, ketika membuat press release untuk diterbitkan di media online. Perhatikan apa peristiwa atau trend yang sedang lekat difikiran khalayak.

3. Optimalkan Teknik Piramida terbalik

Karena banyak distraksi informasi yang membuat fokus pembaca tidak optimal, maka sangat penting untuk membuat press release yang optimal dengan pendekatan piramida terbalik.

Menggunakan teknik ini kita akan menampilkan sebagian besar informasi penting terkait press release diawal-awal artikel release.

Kunjungi link untuk mendalami cara membuat artikel tipe ini

Dengan cara ini kita tidak perlu khawatir tujuan press release tidak tercapai karena banyaknya gangguan informasi disana-sini.

Apalagi pada sebagian besar media berita nasional dijejali dengan iklan : )

4. Gunakan rumus 5W+1H

cara membuat press release 5W+1HFormula ini sudah menjadi formula utama bagi seorang jurnalis.

Ketika kita bisa menggnakan formula ini dengan baik, maka kita bisa menyajikan informasi press release dengan benar dan tepat.

Jika dijabarkan, berikut ini adalah penjelasan formula 5W+1H

  • What (Apa), informasi apa yang ingin teman-teman sampaikan.
  • When (Kapan), kapan aktivitas tersebut dilakukan
  • Who (Siapa), siapa yang mengadakan kegiatan tersebut
  • Where (Di Mana),di mana aktivitas tersebut diadakan.
  • Why (Mengapa), mengapa aktivitas tersebut dilaksanakan.
  • How (Bagaimana), bagaimana detail aktivitas yang dilaksanakan.

Pada dasarnya tidak ada aturan baku terkait dengan urutan penggunaannya.

Tapi, alangkah bagusnya kalau menggabungkan penggunaan what, why dan how secara tepat. Barulah kemudian mengangkat where dan when.

Menggunakan 5W+1H dalam penulisan press release akan membantu anda untuk mendapatkan press release yang mudah dipahami pembaca.

Penulisan press release sangat berbeda dengan penulisan artikel seo.

Inilah mengapa sangat penting agar mendelegasikan pembuatan konten press release ini pada mereka yang menguasai tekniknya.

5. Optimalkan dengan Ilustrasi

Terkadang untuk memudahkan pembaca memahami konteks dari press release yang kita buat, perlu kiranya untuk menggunakan ilustrasi.

Dan pada panduan cara membuat press release ini kami juga menyarankan anda agar menyertakan ilustrasi saat menulis press release.

Karena penggunaan ilustrasi mampu meningkatkan keterlibatan panca indera pembaca, sehingga pesan dari press release anda akan semakin mudah ditangkap.

6. Lakukan Proofreading

cara membuat press release proofreadingUntuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak kita inginkan seperti salah ketik (typo) dan lain sebagainya, sangat disarankan melakukan proofreading.

Proofreading adalah membaca ulang draft press release untuk memeriksa kesalahan pada tulisan release sebelum dikirimkan ke redaksi.

Langkah ke 6 ini menjadi langkah penting untuk memastikan artikel press release anda berhasil atau tidak.

Oleh karenanya, lakukan tahapan ini dengan maksimal.

7. Sertakan media yang relevan

Untuk memaksimalkan hasil press release yang akan dikirimkan ke media, maka sebaiknya anda menyertakan gambar/foto yang relevan.

Biasanya pihak media selalu minta foto yang relevan pada kita.

Oleh karenanya, siapkan setidaknya 2 foto yang relevan dengan artikel press release agar redaksi memiliki pilihan foto yang paling sesuai.

8. Kirimkan draft Press Release ke media

Setelah anda melakukan 7 tahapan yang kami bahas diatas, selanjutnya masuk pada tahapan pengiriman draft press release ke Media.

Berikan waktu pada mereka untuk melihat draft press release anda.

Biasanya kita akan dikabarkan apabila ada perubahan atau tidak. Jika tidak ada perubahan dari draft anda, maka press release siap untuk diterbitkan.

Akan tetapi jika ada draft PR yang harus diperbaiki sesuai dengan keinginan media online, maka segera perbaiki draft tersebut.

9. Perbaiki draft Press Release

Tahapan ke-9 ini hanya dilakukan jika memang ada draft press release anda yang harus diperbaiki. Segera perbaiki sesuai permintaan media.

Perbaiki dengan teliti, jangan sampai ada kesalahan yang kedua kali. Karena itu akan berdampak pada tertundanya penerbitkan press release anda.

10. Kirimkan hasil perbaikan Press Release

Setelah diperbaiki segera kirimkan draft tersebut ke redaksi media.

Contoh Press Release

Agar panduan cara menulis press release ini semakin lengkap, kami ingin menyertakan beberapa contoh press release untuk anda.

Dibawah ini adalah 2 contoh press release perusahaan dan press promosi produk. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Contoh Press Release perusahaan

Contoh Press Release promosi produk

Cara pemesanan Press Release

Melalui tulisan ini kami sudah menjelaskan secara detail apa itu press release, manfaatnya serta bagaimana cara membuat press release yang baik.

Nah, sekarang bagi anda yang ingin memesan jasa rilis media nasional ini, silahkan pelajari dulu detailnya pada link diatas.

Kami berharap panduan cara menulis press release ini berguna bagi anda.

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment