HomeBlog SalimContent Hack10 Tip cara membuat artikel SEO yang baik serta contohnya

Apa itu artikel dan bagaimana cara membuat artikel SEO yang menarik untuk dibaca serta bagaimana cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis artikel profesional. Yuk kita bahas sama-sama.

Mengenal apa itu artikel

Cukup banyak yang bertanya apa yang dimaksud dengan artikel, bagaimana cara membuat artikel yang baik serta bagaimana pula cara menghasilkan uang melalui skill menulis artikel seo dengan cara menjadi penulis artikel online.

Jika anda adalah salah satunya, berarti berada ditempat yang tepat. Karena kami ingin memberikan panduan cara pembuatan artikel lengkap dengan contohnya.

Baik, mari kita mulai dari pertanyaan apa itu artikel

Artikel adalah tulisan pendek yang terdiri dari 300 hingga 1000 kata atau lebih yang membahas topik tertentu, baik berupa fakta, opini serta argumentasi dengan tujuan untuk menyampaikan pesan tertentu pada pembaca.

konten adalah raja

Melalui artikel kita bisa menyampaikan pesan dengan berbagai tujuan, termasuk untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan tindakan tertentu.

Misalnya, agar mereka membeli, membagikan atau berubah jadi lebih baik.

Bahkan ada yang bilang, konten adalah raja, content is king.

Dalam proses penulisannya, artikel terbagi menjadi beberapa tipe dan jenis. Dan masing-masing tipe artikel ini memiliki perbedaan yang signifikan.

Dibawah ini adalah beberapa tipe dan jenis artikel.

Tipe dan Jenis Artikel

Dengan mengetahui jenis dan tipe artikel, ini akan memudahkan kita memilih format artikel yang tepat saat ingin menulisnya.

Setidaknya, ada beberapa format artikel yang umumnya dikenal.

1. Artikel Narasi

Artikel narasi adalah tulisan yang bertujuan untuk menceritakan keadaan maupun peristiwa tertentu. Tapi tidak terikat oleh urutan waktu sama sekali.

Biasanya dalam artikel ini terdapat tokoh yang diceritakan serta konflik. Dan yang paling penting artikel ini bisa berupa karya ilmiah dan bahkan fiksi.

Jika anda pernah membaca novel, itu adalah salah satu contoh artikel narasi.

Pada saat penulisan artikel narasi, biasanya penulis akan menyertakan banyak detail sehingga tujuan artikel untuk menyampaikan rangkaian peristiwa tercapai.

Nah, artikel narasi ini terdiri dari 3 tipe artikel, diantaranya :

  1. Narasi Ekspositorik
  2. Narasi Informatif
  3. Narasi Artistik

Pembahasan lebih detail bagaimana cara membuat artikel narasi sesuai dengan tipe yang kami sebutkan diatas akan dibahas dilain kesempatan.

2. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karangan yang ditulis untuk memberikan gambaran pada sebuah fakta, baik peristiwa maupun barang. Tujuannya agar pembaca merasakan secara tidak langsung seperti apa peristiwa atau barang yang di deskripsikan.

Jika anda adalah salah satu seller online, mungkin anda sudah terbiasa menulis deskripsi produk, nah ini termasuk pada tipe artikel deskripsi.

Ada 2 tips cara membuat artikel deskripsi yang bisa anda ikuti:

Pertama, buatlah artikel deskripsi yang mampu melibatkan semua indera pembaca. Sehingga mereka seolah-olah merasakannya secara langsung.

Kedua, hindari memasukan opini atau pendapat ke dalam artikel deskripsi. Karena tujuan utama dari artikel ini adalah untuk menggambarkan objek atau peristiwa secara apa adanya, tidak ada penambahan dan pengurangan.

3. Artikel Eksposisi

Artikel Eksposisi adalah artikel yang berisi informasi atau pengetahuan dan disajikan secara singkat, akurat dan padat.

Tujuan utama dari artikel Eksposisi adalah untuk memaparkan serta menjelaskan informasi tertentu untuk menambah wawasan pembacanya.

Artikel eksposisi bukan fiksi belaka. Dan sering ditemukan di berita-berita.

Jika anda kesulitan menngenal artikel eksposisi, mungkin dengan mengetahui beberapa ciri dibawah ini bisa membantu.

  • Berisi dan menjelaskan informasi berupa pengetahuan
  • Biasanya menggunakan gaya penulisan persuasif
  • Bahasanya lugas dan baku
  • Isi bersifat objektif dan tidak memihak
  • Pada artikel terdapat informasi berupa fakta

Jika teman-teman menulis press release untuk dipublikasikan di media massa, tipe artikel ini adalah yang paling sering digunakan.

4. Artikel Argumentasi

contoh artikel argumentasi

Artikel argumentasiadalah artikel yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menyajikan data atau fakta sebagai bukti pendukung.

Biasanya paragraf argumentasi memiliki ide utama yang didukung oleh data dan fakta yang valid. Jadi, sekilas kita pahami bahwa tujuan dari artikel argumentasi adalah untuk mendorong pembaca agar setuju dengan argumen penulis.

5. Artikel persuasi

Tipe artikel yang terakhir adalah artikel persuasi.

Artikel persuasi adalah artikel yang diterbitkan melalui media online maupun off-line di mana artikel tersebut diterbitkan untuk tujuan mempengaruhi pembaca melakukan suatu hal yang di inginkan penulis.

Artikel persuasi ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Persuasi propaganda
  2. Persuasi Politik
  3. Persuasi Pendidikan
  4. Persuasi Advertensi

Jika kita lihat, artikel persuasi ini adalah tipe artikel yang cukup sering digunakan oleh seller online untuk mempengaruhi orang lain untuk membeli produk mereka.

Jika anda belajar Copywriting, maka artikel tersebut masuk kategori ini.

Tips cara menulis artikel blog untuk pemula

cara menulis artikel blog
Image: Microsoft

Baik, kami sudah menguraikan pada anda apa saja tipe artikel yang sering kita temukan. Baik pada media online maupun media cetak seperti buku dan koran.

Nah, pada kesempatan berikutnya kami ingin memandu anda bagaimana cara membuat artikel seo agar lebih mudah mendapatkan ranking di Google organik.

Nantinya, skill ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang dengan kerja online dari rumah, yakni dengan menawarkan jasa penulisan artikel blog.

Untuk memastikan artikel yang anda tulis disukai oleh pemesan, menurut kami artikel anda harus memenuhi kriteria dibawah ini.

1. Buat paragraf pertama yang menggugah

Ketika anda menulis artikel SEO untuk blog, coba pikirkan kalimat atau kata yang mampu mendorong pembaca untuk terus membaca ke paragraf berikutnya.

Masukan istilah utama yang digunakan pembaca untuk menemukan artikel ini. Kalau dalam SEO namanya kata kunci (keyword).

Sertakan juga informasi apa yang akan mereka dapatkan jika meneruskan membaca hingga akhir artikel ini. Jika tahapan ini berhasil, maka bounce rate akan turun dan ranking website akan lebih mudah naik ke halaman pertama Google.

2. Gunakan paragraf dan kalimat pendek

Saat menulis artikel, usahakan untuk menulisnya dengan kalimat dan paragraf pendek. Ini berguna untuk memudahkan pembaca memahami artikel kita.

Untuk jumlah baris per paragraf usahakan tidak lebih dari 3 baris.

Penggunaan kalimat pendek juga berguna untuk meminimalisir kerancuan makna dari kalimat yang ditulis.

3. Gunakan Subjudul

Layaknya tulisan ilmiah, agar artikel blog mudah dipahami konteknya, ada baiknya disertakan subjudul.

Ini akan memudahkan kita memahami ide utama dari setiap topik yang dibahas.

4. Artikel harus unik

Salah satu ciri artikel SEO yang bagus adalah unik. Walaupun informasi yang ingin disampaikan tidak jauh berbeda dengan artikel lain.

Unik disini tidak saja tidak terdeteksi “copy-paste”, tapi juga harus unik dari cara penyajian dan struktur artikelnya.

Tujuannya agar Google punya alasan untuk menampilkan artikel kita di halaman Google paling atas.

Kesalahan menulis artikel

Setelah membaca bahasan kami seputar bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar, seharusnya kita tidak lagi melakukan kesalahan dalam menulis artikel.

Beberapa kesalahan menulis artikel yang sering ditemukan adalah tidak membuat artikel yang relevan dengan intent pembaca, copy-paste, paragraf terlalu panjang, tidak menyertakan fakta untu

Cara menghasilkan uang dari menulis

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment