Panduan Strategi Guest Post untuk Mendapatkan Hasil yang Signifikan

8 Strategi Guest Post yang bisa diterapkan untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Ranking meningkat, trafik naik, konversi juga berlipat.

Strategi Guest Post Efektif untuk hasil maksimal

Dari banyak strategi konten marketing, guest post adalah cara yang paling murah. Disamping itu, hasilnya juga  bisa dirasakan dalam waktu singkat.

Syaratnya hanya dua, dilakukan dengan cara dan strategi yang tepat.

Tanpa strategi dan cara yang tepat, konten marketing menggunakan guest post tidak akan memberikan impact yang signifikan.

Paling banter ya cuma dapat backlink saja.

Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Maka anda harus berfikir untuk menemukan cara dan strategi yang tepat untuk melakukan konten marketing menggunakan guest post.

Berita baiknya, kami ingin membahasnya untuk anda.

Pada kesempatan ini kita akan bahas lebih jauh bagaimana cara melakukan guest post yang benar agar memberikan impact yang maksimal.

Agar tidak terlalu panjang, mari langsung kita bahas.

1) Ketahui Tujuan Anda

Ini sebenarnya adalah hal yang lazim, sudah selayaknya kita memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai. Sehingga kita tahu kemana langkah kita harus diarahkan.

Begitu juga konten marketing menggunakan Guest Post.

Kita harus benar-benar  mengetahui apa tujuan konten marketing kita. Jangan sampai kita melakukan strategi guest post dengan tujuan yang masih abu-abu.

Setidaknya, guest post bertujuan untuk mencapai beberapa hal dibawah ini. Diantaranya adalah :

  • Menghasilkan lebih banyak trafik website, untuk meningkatkan prospek dan penjualan
  • Membangun brand awareness, baik personal, produk maupun brand kita
  • Meningkatkan kinerja SEO, terutama peringkat website karena backlink berkualitas yang kita dapatkan saat menerbitkan postingan tamu.
  • Meningkatkan otoritas penulis, sehingga dijadikan rujukan dibidang tersebut.
  • Meningkatkan  subscriber email maupun social media
  • Dan lain sebagainya.

Setidaknya itulah tujuan yang paling umum dari strategi konten marketing menggunakan guest. Jika anda punya ide yang lain, silahkan komentar dibawah.

Memposisikan diri Anda sebagai seorang ahli sehingga Anda dapat lebih sering dikutip dan mendapatkan kesempatan berbicara

Meningkatkan jumlah pelanggan email atau audiens media sosial Anda

2) Temukan website yang tepat

Setelah berhasil menetapkan tujuan yang jelas, maka langkah berikutnya adalah mulai mencari website maupun blog yang menerima guest post.

Saat mencari blog/website, pastikan mereka memenuhi syarat sesuai dengan tujuan guest post yang sudah ditetapkan di awal.

Walaupun sebenarnya, tidak harus semua tujuan harus tercapai.

Minimal dari 5 tujuan guest post diatas, website tersebut bisa memenuhi setidaknya 2 tujuan kita. Ini penting untuk diperhatikan.

Secara teknis, website tersebut setidaknya harus memiliki trafik, otoritas website bagus, aktif menerbitkan konten dan memiliki topik yang relevan dengan kita.

3) Bangun hubungan baik dengan website owner

Sebelum anda mengirimkan artikel untuk diterbitkan di website target, langkah awal yang harus dilakukan pertama kali adalah membangun hubungan baik.

Sebagian besar pemilik website tidak terlalu peduli dengan email yang mengajukan guest post, karena umumnya website yang mengajukan ini cenderung tidak sesuai dengan harapan mereka.

Karenanya, kita harus melakukan cara yang berbeda.

Cara tersebut adalah membangun hubungan baik dengan mereka. Pastikan mereka mengenal kita terlebih dahulu.

Setelah benar-benar kenal dan dekat, barulah kita mengajukan diri untuk melakukan guest post di website mereka. Dan cara ini biasanya berhasil.

Terkesan seperti modus, tapi mau gimana lagi.

4) Pilih topik yang relevan

Masing-masing website owner biasanya memiliki kecenderungan pada topik tertentu. Ini harus kita ketahui sejak awal, agar tahu konten seperti apa yang harus disiapkan.

Untuk mengetahuinya, kita memang harus memantau konten artikel yang diterbitkan di website tersebut dalam waktu yang lama.

Tergantung pada durasi penerbitan konten mereka. Jika penerbitan cukup sering, mungkin tidak butuh lama untuk mengetahui konten yang mereka utamakan.

Tapi jika agak jarang, setidaknya kita butuh waktu 4-8 minggu untuk mengetahuinya.

Intinya, siapkan topik artikel yang relevan dan mereka sukai.

5) Buat Penawaran Anda

Setelah anda melakukan tugas pokok diatas, langkah  berikutnya adalah mulai membuat email penawaran pada mereka.

Pastikan email anda benar-benar layak untuk dibaca.

Mulai dari subjek, waktu pengiriman dan disinya.

Ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada keberhasilan anda. Kadang ada juga mereka yang mengirimkan penawaran dengan subjek yang tidak jelas.

Kalau saya biasanya langsung tekan tombol spam. Hehehe.

6) Tulis artikel yang benar-benar menarik

Content is King

Agar pemilik website tertarik dengan penawaran guest post  kita, maka kita harus membuat artikel yang benar-benar menarik bagi mereka.

Ini adalah bagian penting yang tidak bisa diabaikan.

Membuat konten yang menarik ini sangat dipengaruhi oleh langkah kedua yang sebelumnya sudah anda lakukan. Mengenali dimana anda akan menerbitkan artikel.

Semakin relevan dan menarik artikel anda, maka semakin besar peluang guest post yang anda ajukan disetujui oleh pemilik website.

7) Promosikan Konten Anda

Jika pemilik website menyetujui penawaran anda, maka segeralah kirimkan konten yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Jika sudah diterbitkan, jangan lupa untuk mempromosikannya di social media.

Disamping guest post anda mendapatkan eksposur yang lebih banyak, pemilik websit tentu saja akan senang karena mereka berpeluang mendapatkan trafik baru dari social media anda.

8) Kirimkan lebih banyak guest post

Sebenarnya tujuan konten marketing yang sudah anda buat sebelumnya tidak akan tercapai hanya dengan mengirimkan guest post pada satu website saja.

Tapi, cobalah kirimkan ke 10,50 bahkan 100 website.

Jika ini dilakukan denga konsisten, maka anda benar-benar akan merasakan hasil yang sangat memuaskan. Tapi, jika tidak ingin repot melakukan banyak tahapan diatas, cobalah menggunakan backlink PBN, ada banyak yang jual backlink pbn murah di Google.

Terakhir

Guest post hanyalah salah satu teknik dari banyak teknik konten marketing yang bisa anda coba. Hanya saja, jika dilakukan dengan baik. Hasilnya akan memuaskan.

Jika anda hanya membutuhkan backlink untuk meningkatkan ranking dan otoritas website, tidak perlu repot melakukan guest post ini.

Anda bisa menggunakan layanan backlink yang banyak ditawarkan oleh SEO Agency. Selain lebih murah, cara ini jauh lebih cepat prosesnya.

Akan tetapi, semuanya diserahkan pada anda.

Default image
Hidayat Mundana
Hi. Assalamu'alaikum. Saya Hidayat Mundana. Praktisi SEO sejak 10+ tahun lalu. Suka membaca topik-topik Digital Marketing.
Articles: 41

Leave a Reply