5 Skill penting dalam SEO website dan harus dikuasai oleh praktisi dan website owner

Setidaknya ada 5 Skill Penting dalam SEO website. Menguasai skill ini akan membantu kita menumbuhkan dan mengembangkan bisnis secara keseluruhan.
skill penting dalam seo website

Skill Penting dalam SEO Website

Hi, pada postingan ini kami dari Tim SEO Salim Digital ingin berbagi 5 Skill Penting dalam SEO website yang harus dikuasai praktisi SEO.

Jika anda penasaran apa saja, mari kita bahas sama-sama.

Kita tahu bahwa beberapa ilmu harus ditopang oleh ilmu yang lain. Sehingga bisa berjalan dengan apik dan sesuai dengan ekspetasi.

Begitu juga dengan SEO. Kita tahu bahwa SEO tidak berdiri sendiri. Para Pakar SEO bisa berhasil menguasai halaman pertama Google bukan saja karena mereka ahli dalam SEO. Tapi juga karena menguasai beberapa keterampilan pendukungnya.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi pada anda, apa saja keterampilan penting yang akan mempermudah dan mempercepat proses SEO website anda.

Agar tidak terlalu panjang dan lama, mari langsung kita bahas bersama-sama.

1. Kreativitas

Skill dan keterampilan pertama adalah kreativitas.

Kita tahu bahwa banyak ilmu dan pengetahuan SEO tersebar di internet. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah, bahkan gratis. Baik di Google, Youtube maupun blog.

Semua orang tanpa kecuali bisa mengaksesnya secara bebas.

Ini artinya, semua orang berpeluang punya pengetahuan yang sama dengan kita. Jika kita hanya mengandalkan ilmu yang ada tanpa di dukung oleh kreatifitas, maka hasilnya bakalan sama.

Oleh karenanya, kita dituntut untuk lebih kreatif memanfaatkan pengetahuan yang ada. Setiap peluang dan sumber daya harus bisa kita kapitalisasi dengan baik.

Dalam banyak kesempatan, sering pakar seo menyebutkan SEO adalah seni. Dan kami fikir itu tidak ada salahnya. Karena tidak rumus yang benar-benar baku melakukan SEO.

Kita harus bisa meramu setiap formula yang ada untuk memenangkan kompetisi pada pencarian Google. Dan ini membutuhkan kreatifitas.

Jadi, untuk bisa memenangkan persaingan pada pencarian Google memang kita membutuhkan cara berfikir terbuka yang kita kenal dengan kreatifitas.

Keterampilan pertama yang saya miliki untuk Anda adalah kreativitas.

2. Kemampuan Analisa

Dalam hidup, kita disajikan banyak sekali informasi.

Bagi sebagian orang informasi yang ada bisa berubah menjadi sesuatu yang bernilai dan berharga. Tapi, bagi sebagian orang informasi akan berakhir ditempat sampah.

Begitulah. Ini disebabkan oleh perbedaan kemampuan dalam analisa. Membaca data, fakta dan kemudian menghubungkannya dengan kontek kita sekarang.

Dalam SEO juga begitu.

Ada banyak sekali data-data penting yang bisa kita konversi menjadi sesuatu yang berharga. Berupa keputusan dan strategi yang sangat jitu untuk memenangkan kompetisi.

Jika kita tidak memiliki kemampuan analisa yang baik, maka informasi dan data ini tidak ada gunanya sama sekali. Tidak peduli tool yang anda gunakan tidak kalah canggihnya.

Jadi, tool keren jika tidak mengerti maksud dari data yang disajikan tidak akan gunanya sama sekali. Namun, informasi sepele di pencarian Google bisa berubah menjadi keputusan SEO yang canggih jika kita mampu mengkonversinya menjadi keputusan dan strategi yang tepat.

Lagi, keterampilan analisa ini menjadi sangat penting dalam menekuni SEO.

Kami kira, kita harus terus mengasah kemampuan analisa ini dari waktu ke waktu. Semakin kita asah maka semakin tajam. Bukannya tidak mungkin kita malah bisa memprediksi sesuatu tanpa data.

Sekarang kita makin yakin bahwa skill analisa ini sangat penting dalam SEO.

3. Convertion Rate Optimization (CRO)

Sebagai praktisi SEO kita harus sadar bahwa segala teknik dan strategi yang kita lakukan tidak akan ada gunanya jika tidak berhasil meranking keyword.

Dan ranking tidak ada gunanya juga jikalau tidak berubah jadi trafik. Tapi, trafik akan jadi beban dan sampah jita tidak berubah jadi sesuatu yang bernilai (uang).

Untuk bisa menjadikan trafik menjadi sesuatu yang bernilai (uang), maka kita harus benar benar memahami dan menguasai skill CRO.

CRO adalah singkatan dari Converstion Rate Optimization.

Sebagai praktisi SEO kita juga harus tahu bagaimana cara mengkonveri setiap trafik yang datang ke website menjadi pembeli maupun subscriber kita.

Jika itu tidak dilakukan, maka sumber daya kita akan terbuang sia-sia.

4. Kolaborasi

Faktanya, kita tidak bisa mengerjakan SEO seorang diri. Terlalu banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan, sementara tenaga dan waktu kita sangat terbatas.

Mulai dari optimasi hosting, bikin website, penulisan konten, link building menggunakan Backlink PBN dan lainnya.

Ini artinya, kita membutuhkan tenaga orang lain. Baik sebagai partner, virtual assistant maupun karyawan yang in-house. Karena SEO terlalu berat dikerjakan seorang diri.

Dalam proses delivery tugas-tugas SEO pada orang lain, tentu saja kita membutuhkan skill kolaborasi yang mumpuni. Kita tidak bisa menganggap semua orang adalah suruhan kita. Atau sebaliknya, membiarkan mereka mengintimidasi kita dalam setiap tugas SEO.

Banyak praktisi SEO yang gagal mengantarkan bisnisnya tumbuh karena stuck pada tahapan ini. Padahal, kemampuan kolaborasi menjadi sangat penting dalam bisnis SEO.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengasah skill yang satu ini.

5. Kemampuan Experimental

Suatu keniscayaan dalam dunia SEO adalah perubahan.

Kita tahu bahw algoritma Google terus berkembang, maksud kami berubah. Sehingga apa yang berhasil di masa lalu, belum tentu berhasil untuk saat ini, apalagi masa depan.

Artinya, kita tidak punya pilihan selain mengikuti perubahan ini.

Hanya saja, jika kita baru beradaptasi setelah ada perubahan, maka selamanya kita akan jadi follower. Kita akan selalu kalah, terutama dengan algoritma Google.

Oleh karenanya, kita perlu kemampuan yang tidak banyak dimiliki oleh praktisi SEO yang lain. Yaitu kemampuan experimental. Kita harus mencari tahu kemungkinan-kemungkinan dimasa depan.

Sebenarnya ada banyak sekali variable yang mempengaruhi algoritma Google. Tapi yang paling sering dan jamak kita lihat adalah teknologi dan user Google sendiri.

Oleh karenanya, kita harus focus melihat dan mempelajari perilaku mereka.

Dulu, sebelum perangkat mobile tidak semasif sekarang. Google tidak terlalu mementingkan mobil dalam pencarian mereka. Tapi berbeda untuk saat ini.

Jika desain website tidak mobile friendly, akan sulit untuk masuk halaman pertama.

Jadi, kita tidak punyak banyak pilihan. Biasakanlah untuk berexperimen jikalau ingin tetap relevan dengan perkembangan algoritma di masa depan.

Satu hal lagi kenapa experimental menjadi hal yang penting bagi kita para praktisi SEO adalah karena kita perlu menvalidasi setiap teori-teori SEO yang dilemparkan ke public.

Terakhir

Tentu saja dengan memiliki skill kreativitas, kemampuan analisa, Convertion Rate Optimization (CRO), Kolaborasi dan kemampuan experimental diharapkan hasil SEO kita semakin bagus dan  berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan bisnis.

Dan itulah 5 skill penting dalam SEO website.

Perlu juga kita ketahui, skill tidak jatuh dari langit. Tapi ia harus dilatih dan diusahakan. Oleh karenanya, mulailah membiasakan diri dengan skill tersebut.

Apa yang kami tulis tentu saja opini kami pribadi sebagai praktisi SEO sejak 10 tahun. Jika anda memiliki opini yang berbeda, silahkan sampaikan saja.

Default image
Hidayat Mundana

Hi. Assalamu'alaikum. Saya Hidayat Mundana. Praktisi SEO sejak 10+ tahun lalu. Suka membaca topik-topik Digital Marketing.

Articles: 41

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.