HomeBlog SalimWordPress6 Plugin Table of Content (Daftar Isi) Terbaik, Populer dan mudah digunakan

Mengungkap 6 plugin Table of Content (daftar isi) yang paling banyak digunakan Blogger untuk meningkatkan nilai konten dan sekaligus user experience. Apa saja plugin WordPress tersebut, yuk kita ulas!

Optimalkan User Experience dengan Plugin Table of Content WordPress

Dari waktu ke waktu, Google terus memperbarui algoritmanya untuk menampilkan halaman website yang benar-benar relevan dengan intent keyword.

Dan pada suatu kesempatan, Sundar Pichai menyampaikan bahwa salah satu faktor ranking cukup yang signifikan pengaruhnya adalah UX.

By the way, UX adalah singkatan dari User Experience, pengalaman pengguna.

Plugin Table of Content Terbaik

Ya. Melalui pengalaman pengguna ini Google akan menilai apakah sebuah halaman website relevan dengan intent keyword atau tidak.

Ini terkait dengan interaksi user dengan konten kita.

Pengalaman pengguna ini berhubungan langsung dengan bounce rate, time on site, klik dan scroll serta indikator penting lainnya.

Ada banyak teknik dan strategi untuk meningkatkan pengalaman pengguna di website kita, salah satunya adalah dengan menggunakan daftar isi (table of contents). Caranya juga sangat mudah dan praktis.

Hanya saja, kadang membuat daftar isi secara manual bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan skill lanjutan seputar coding dan pemograman.

Menariknya, khusus untuk pengguna WordPress ini bisa dilakukan tanpa harus mengerti skill coding dan pemograman terlebih dahulu. Cukup Install Plugin.

Ya, anda cukup install plugin daftar isi WordPress.

Apa saja plugin daftar isi WordPress yang bisa anda install untuk membuat table of content ini, mari kita ulas sama-sama.

1. Table Of Content Plus

Ada banyak sekali plugin table of content lain yang juga bagus.

Akan tetapi, plugin Table of Content Plus lebih diminati pengguna WordPress. Bayangkan, ada 300.000 instalasi aktif dengan rating 4.5.

Menurut kami, ini adalah plugin daftar isi yang sangat bagus dan direkomendasikan. Dengan pengguna lebih dari 300ribu menurut saya itu tidak salah.

Untuk anda yang ingin menerbitkan artikel blog yang panjang, kami sangat menyarankan menggunakan plugin daftar isi, khususnya plugin ini.

Penggunaan plugin ini jug relatif mudah.

Ada banyak kustomisasi yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Anda bisa menampilkan pada halaman atau pada postingan.

Bahkan, anda juga bisa mengecualikan halaman tertentu yang tidak ingin menampilkan daftar isi. Cek bagian pengaturan untuk melakukan ini.

Saran kami, install sekarang dan uji coba. Download plugin disini

2. Easy Table of Content

Yang paling menarik dari plugin Easy Table of Contents bisa digunakan pada mode klasik, Gutenberg, Divi, Elementor, WPBakery, Visual Composer dan banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan Table of Content Plus, instalasi plugin ini lebih sedikit yaitu sebanyak 200.000 instalasi aktif. Sebenarnya tidak sedikit juga. Apalagi rating plugin ini di WordPress adalah 4.5, wowww.

Beberapa fitur penting dari plugin ini

  1. Menampilkan daftar isi secara otomatis pada post dan page bahkan post custom.
  2. Support tag <!–nextpage–>
  3. Kompatibel dengan plugin SEO Rankmath
  4. Bisa mengaktifkan/tidak pada post atau page
  5. Tersedia beberapa format daftar isi, anda bisa sesuaikan sendiri
  6. Dan banyak lagi

Penasaran dengan plugin ini, coba install dan mulai bermain-main dengan fitur yang mereka miliki. Jika cocok, gunakan. Jika tidak, ganti dengan yang lain.

Semudah dan sesimpel itu. Download disini

3. Rich Table of Contents

Dibandingkan dengan plugin daftar isi yang lain, Rich Table of Contents ini jumlah instalasi aktifnya jauh lebih sedikit, hanya sekitar 20.000 instalasi.

Ya. Mungkin sedikit meragukan.

Tapi, seperti yang anda lihat. Kami menggunakan plugin daftar isi ini di Salim Digital. Sejauh ini, kami puas dengan kinerjanya.

Ada banyak kustomisasi yang bisa anda lakukan dengan plugin ini.

Mulai dari warna, list icon (lingkaran, angka atau tidak sama sekali), bahkan kita bisa menambahkan frame pada daftar isi agar terlihat lebih jelas.

Saya tidak mengatakan plugin ini bagus, tapi kami puas.

Download plugin disini

4. Plugin Lucky WP Table of Contents

Selain plugin Table of Content Plus anda juga bisa menggunakan plugin daftar isi yang lain, seperti Lucky WP Table of Content.

Plugin ini instalasi aktifnya memang tidak sebanyak pendahulunya, instalasi aktifnya adalah 80.000 instalasi. Tapi yang mengesankan adalah ratingnya. Rating plugin ini adalah 4.9 skala 5. Super bagus.

Cuma sayang sekali, plugin sudah cukup lama tidak di update.

Beberapa fitur menarik dari plugin ini adalah:

  • Anda bisa langsung menyisipkan daftar isi pada post dan page
  • SEO Friendly, Daftar isi bisa idgunakan oleh Google di SERPs
  • Bisa menggunakan shortcode di Gutenberg dan Widget
  • Pengaturan minimum heading, jika sedikit maka otomatis tidak tampil
  • Bisa kustom warna, ukuran, lebar dan lainnya
  • Dan banyak lagi

Masih banyak fitur bawaan lain yang mungkin saja berguna untuk meningkatkan kualitas table of content di postingan blog anda.

Saran kami, intall dan segera explore, download plugin.

5. Plugin Ultimate Block

Plugin ini sebenarnya bukan plugin khusus untuk Table of Content. Tapi, fitur table of Content adalah salah satu fitur bawan dari plugin ini.

Ada sekitar 40 block yang bisa digunakan, selain table of content.

Seperti biasa, yang paling keren dari plugin ini adalah ratingnya yang hampir sempurna. Bintang 4.9 skala 5. Luar biasa.

Untuk instalasi aktifnya baru sekitar 20.000 instalasi.

Menggunakan plugin ini anda bisa membuat daftar isi untuk konten blog dengan mudah dan cepat, tapi sayangnya hanya bisa digunakan pada Gutenberg saja.

Anda bisa pelajari plugin disini

6. Plugin Heroic Table of Contents

Plugin daftar isi yang ke-6 adalah Heroic Table of Content.

Plugin daftar isi terbaik

Plugin ini jumlah instalasi aktifnya memang tidak sebanyak yang lain. Pada saat kami menulis artikel ini, jumlah instalasi aktif hanya 2000 instalasi.

Tapi, setelah kami pelajari lebih lanjut. Sebenarnya plugin ini sangat bagus.

Sedikitnya jumlah yang install bisa jadi karena plugin ini belum terlalu di kenal pengguna WordPress. Jadi, kami sarankan anda untuk mencobanya.

Anda bisa download plugin disini


Keuntungan & Manfaat menggunakan Plugin Table of Contents pada Postingan Blog

Tentu saja kita sepakat bahwa penggunaan plugin daftar isi bukanlah untuk sekedar agar terlihat berbeda dan keren. Tentu tidak.

Tapi karena ada manfaat dari sisi SEO maupun user experience.

Nah, dibawah ini adalah beberapa manfaat plugin daftar isi dari sisi SEO (Search Engine Optimization) dan User Experience.

1. Meningkatkan User Experience

Ya. Dengan bantuan daftar isi maka pengalaman pengguna akan lebih baik. Mereka bisa mengetahui topik pembahasan dengan lebih mudah.

Ini akan memudahkan mereka mencari topik yang dibutuhkan.

2. Format artikel lebih terstruktur

Keuntungan penggunaan table of content berikutnya adalah agar format artikel lebih terstruktur dan teratur. Antara Judul, Subjudul dan subjudul 1.

Atau dari sudut pandang SEO, antara Heading 1, 2 dan 3.

3. Meningkatkan CTR pada SERPs

Daftar isi yang kita tampilkan pada postingan terkadang juga di tampilkan Google pada hasil pencarian, sehingga banyak yang tertarik untuk klik.

Ini tidak saja meningkatkan trafik, tapi nilai SEO pada Google.

4. Memudahkan Navigasi

Fitur Table of Contents pada postingan blog juga berguna untuk memudahkan kita/pengguna untuk menavigasi topik yang di inginkan.

Mereka tinggal klik dan selanjutkan akan diarahkan pada bagian yang mereka inginkan.

Terakhir

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meingkatkan user experience dan sekaligus kinerja SEO website tanpa harus mengeluarkan uang.

Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin table of ontent ini. Karena kita bisa install plugin WordPress ini tanpa bayar sama sekali.

Jika sudah install dan gunakan di website, silahkan bagikan pengalaman anda selama menggunakan plugin pada pembaca yang lain.

Sumber gambar: Herothemes

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment