HomeBlog SalimSEO HackTool Riset Keyword Terbaik

Tool riset keyword tidak saja membantu kita mencari kata kunci potensial, tapi juga membantu menganalisa persaingan. Lihat daftar alat riset kata kunci yang paling sering digunakan oleh SEO Specialis.

Riset Keyword, tahapan SEO paling krusial

Sebelum memulai SEO, langkah penting yang harus kita lakukan adalah riset keyword. Menemukan kata kunci yang akan di optimasi.

Riset keyword adalah proses mencari kata kunci yang layak di optimasi. Baik dari sisi volume pencarian, level persaingan termasuk kesesuaian antara intent keyword dengan model bisnis kita.

Tanpa riset keyword, akan sulit mencapai tujuan pemasaran online kita.

Hanya saja menemukan keyword yang tepat bukanlah hal mudah. Kita membutuhkan alat bantu untuk menemukannya dengan cepat dan mudah.

Berita baiknya, ada banyak alat riset keyword yang bisa kita gunakan.  Baik alat riset keyword gratisan maupun  alat riset keyword berbayar.

Dan kami ingin menginformasikan pada anda bahwa pada kesempatan ini kami akan membahasa beberapa daftar alat riset keyword terbaik yang sering digunakan.

Semoga beberapa informasi yang kami sajikan nanti bisa membantu anda menemukan keyword yang benar-benar layak untuk di optimasi.

Baik mari kita bahas dibawah ini.

Daftar Alat Riset Keyword Terbaik

1) SEMRush

Alat riset keyword pertama adalah SEMRush.

SEMRush bisa kita ibaratkan dengan kunci inggris. Ia tidak saja bisa kita gunakan untuk menemukan dan mencari kata kunci potensial untuk dioptimasi, tapi bisa juga untuk analisa keyword difficulty.

Menggunakan alat ini kita bisa melakukan banyak pekerjaan SEO sekaligus.

Saat ini setidaknya SEMRush memiliki 3 pilihan paket harga yang berbeda. Anda bisa pilih paket yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Paket Pro – Jika anda adalah seorang freelancer maupun pemilik bisnis kecil, sebaiknya memilih paket pro ini, karena harganya relatif terjangkau. Harga mulai dari $99,95 per bulan

Paket Guru – Cocok untuk Agency SEO dan bisnis yang sudah berkembang.  Ada banyak tambahan fitur pada paket ini, harga paket Guru mulai dari $ 191,62 per bulan.

Paket Bisnis – Ini sangat ideal untuk toko dan agensi  eCommerce, dan dibuka dengan harga $374,95 per bulan, cukup tinggi kalau untuk freelance.

Paket Corporate – Jika Anda memiliki strategi konten yang luas, melampaui kapasitas solusi di atas, SEMrush dapat menyesuaikan rencana untuk kebutuhan Anda.

Ada banyak sekali  benefit dan kelebihan yang dimiliki oleh tool SEO yang satu ini, beberapa yang paling menonjol adalah :

Menggunakan SEMRush kita tidak saja bisa melakukan riset keyword, tapi juga bisa mengalisa persaingan kata kunci yang kita dapatkan.

Dengan SEMRush kita tidak saja bisa mendapatkan kata kunci potensial, tapi juga tahu berapa volume pencarian bulannya, termasuk level persaingannya.

Tersedia free-trial selama 7 hari

Dari banyak kelebihan SEMRush, tentu saja mereka juga memiliki kekurangan. Setidaknya bagi kita yang masih memiliki keterbatasan.

Kekurangan pertama adalah dari sisi harga yang masih sangat tinggi. Bahkan kita harus berlanggan tahunan, tentu ini akan membebani usaha kita

Kekurangan lain, kita membutuhkan pengetahuan teknis yang mumpuni untuk bisa memanfaatkan semua fitur dengan optimal. SEMRush cukup membingungkan untuk orang baru.

2) KW Finder

Alat riset berikutnya yang bisa anda gunakan adalah KW Finder.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan SEMRush dan tool SEO yang lainnya. Kita bisa melakukan riset keyword dan mengetahuil level persaingannya.

Hanya saja untuk fitur memang lebih sedikit dibandingkan dengan SEMRush.

Beberapa kelebihan menggunakan tool SEO yang satu ini diantaranya adalah :

  • Dashboard lebih mudah digunakan, user friendly.
  • Kita bisa melakukan riset kata kunci untuk bahasa apapun, daerah manapun.
  • Statistik seputar kata kunci dan persaingannya.
  • Dan lain sebagainya.

Dari sisi harga, KW Finder juga relative murah dan terjangkau untuk freelance dan pemilik bisnis kecil yang memiliki budget kecil.

Harga dimula dengan $30 hingga $80 dolar.

3) Keyword Explorer – Ahrefs

Menurut kami, Ahrefs adalah salah satu alat riset keyword terbaik hingga saat ini.

Kita tidak saja bisa menncari kata kunci yang banyak digunakan, tapi juga menganalisa level persaingannya. Sehingga bisa memutuskan untuk mengambil atau membuangnya.

Tanpa mengecilkan tool SEO yang lain, penulis sangat kagum dengan Ahrefs.

Ada banyak sekali pekerjaan SEO yang menjadi mudah dan cepat berkat bantuan tool SEO Ahrefs ini. Mulai dari Site Explorer, Keyword Explorer dan Audit website.

Beberapa fitur dan kelebihan  yang paling menonjol adalah :

  • Skor Tingkat kesulitan keyword sangat akurat
  • Bisa digunakan untuk lebih dari 171 negara di dunia
  • Harga yang relative terjangkau.

Sebenarnya banyak sekali kelebihan dari tool riset keyword yang satu ini. Namun, terlalu banyak jika diuraikan melalui tulisan ini.

Yang paling menarik adalah trial $7 selama 7 hari.

Ini sangat cocok bagi kita yang masih penasaran dan belum tahu secara baik bagaimana penggunaannya. Sehingga tidak mengeluarkan biaya besar hanya untuk mencoba.

4) Long Tail Pro

Long tail pro adalah tool riset kata kunci yang pertama kali kami gunakan.

Tool ini sangat powerfull untuk menemukan kata kunci ekor panjang atau yang lazim kita sebut dengan long tail keyword.

Anda bisa membaca ulasan kami seputar topic long tail keyword disini.

Lalu apa kelebihan yang paling menonjol dari tool riset keyword yang satu ini? Diantaranya adalah :

  • Metrik kata kunci yang disediakan cukup lengkap
  • Bisa menemukan long tail keyword dengan lebih mudah dan cepat.
  • Kita bisa mencari keyword hingga 2500 lebih dalam 1 hari.
  • Harga yang  realtif terjangkau.

Untuk teman-teman yang budget beli tool SEO terbatas, kami sarankan untuk menggunakan Long Tail Pro ini, karena bisa ditebus hanya dengan $25 perbulan.

Relatif murah dibandingkan dengan tool riset keyword lainnya.

Tool riset keyword lain yang tidak kalah bagus adalah ubersuggest , Google Keyword Planner, SpyFu, Moz dan banyak yang lainnya.

Kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Dalam menemukan kata kunci yang bagus sebenarnya tidak melulu tergantung pada tool yang kita gunakan, tapi lebih pada cara kita memahami intent dan trend dari keyword tersebut.

Terakhir

Satu hal yang harus selalu kita ingat bahwa riset keyword adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk memastikan proses SEO kita berhasil.

Tanpa riset keyword yang benar, kita akan sulit memenangkan kompetisi di Google.

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment