Home » Blog Salim » WordPress » Template Toko Online WordPress untuk Marketplace dan Retail (Update 2021)

9 Template Toko Online WordPress dengan fitur super keren, bisa anda dapatkan dengan harga themes tidak sampai 1 jutaan. Cari tahu juga kenapa kami lebih suka beli theme premium dari luar.

Menggunakan WordPress untuk Toko Online

WordPress menjadi pilihan banyak orang di dunia untuk membuat Toko Online, karena tersedia banyak sekali themes toko online yang siap pakai.

Kita tidak perlu mengerti bahasa pemograman untuk menggunakannya.

Selain itu, ada banyak sekali plugin WordPress yang berfungsi sebagai add on yang bisa digunakan untuk menambah fungsionalitas toko online kita.

Mulai dari menghitung ongkos kirim hingga membuat kupon diskon.

Dari banyak plugin toko online yang populer, salah satunya adalah Woocommerce. Menggunakan plugin ini, kita bisa membuat toko online super keren hanya dalam hitungan menit saja.

Ya. Saya tidak sedang bercanda.

Menariknya lagi, plugin Woocommerce ini bisa kita gunakan secara gratis. Ini luar biasa, plugin keren bisa digunakan secara gratis dan legal.

Tapi, pada kesempatan ini kita tidak akan membahas tentang Woocommerce. Namun, kita akan bahas tentang theme toko online WordPress untuk market Indonesia.

Jika anda sedang mencari template toko online WordPress yang super keren, mungkin beberapa theme di bawah ini bisa menjadi salah pilihan anda.

Baik, mari kita bahas sama-sama.

Daftar Template Toko Online terbaru

Karena Woocomerce memiliki segudang fitur keren untuk meningkatkan fungsionalitas website kita, maka sebaiknya setiap theme yang kita gunakan support plugin ini.

Nah, di bawah ini adalah beberapa themes tersebut.

1. Aora Home – Template Toko Online Furniture

Template Toko Online WordPrss Aora

Template WordPress pertama yang bisa teman-teman gunakan adalah Aora Home. Ini merupakan template premium dengan harga $48.

Jika anda sedang mencari template toko online untuk furniture dan sejenisnya, maka template yang satu ini layak dipertimbangkan.

Beberapa fitur penting sudah dimiliki oleh theme ini.

Seperti SEO Friendly, Responsive, Fast Loading, Support Woocommerce, update secara reguler serta sangat mudah digunakan.

Untuk contoh website lihat disini

2. Porto – Template Toko Online Gaming

Themes Toko Online untuk furniture

Jika anda ingin menjual produk retail, toko online dengan banyak produk. Template WordPress Porto adalah pilihan yang tepat.

Selain harga template yang relatif murah, hanya $59. Template ini juga menggunakan page  builder, sehingga jadi lebih mudah penggunaannya.

Untuk anda yang tidak terbiasa melakukan editing sendiri, mungkin menggunakan template yang satu ini akan membantu.

Seperti biasanya, template toko online WordPress yang satu ini juga sudah support Woocommerce, SEO Friendly, Responsive dan Fast Loading.

Pada saat ulisan ini diterbitkan, template ini sudah terjual sebanyak 60.000 copy lebih. Penjualan luar biasa untuk harga $59.

Lihat contoh websitenya disini

3. Smartic – Template Toko Online Herbal

template toko online smartic

Template toko online berikutnya adalah Theme Smartic.

Kita bisa menggunakan theme ini untuk menjual berbagai produk fisik, mulai dari handphone, sepeda, skateboard, helm, produk herbal & skin care.

Template ini support untuk single produk maupun multiple produk.

Dan yang paling penting, themes ini sudah support elementor, woocommerce, slider revolution, Yoast SEO dan plugin WPML.

Dengan harga $59 sudah digunakan oleh 810 orang.

Fitur penting lain dari theme ini adalah responsive dan mobile friendly. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan toko online kita.

Lihat demo website disini

4. Poco – Template Toko Online Franchise Kuliner

Berbeda dengan theme WordPress sebelumnya. Theme ini sangat cocok bagi teman-teman yang ingin menjual kuliner secara online.

Termasuk menawarkan Franchise makanan.

Secara umum theme WordPress yang satu ini sudah memenuhi standar kami dalam memilih theme. Seperti responsive, SEO friendly dan fast loading.

Themes ini sebenarnya termasuk baru di Themeforest. Baru rilis pada bulan Oktober 2020 dan sudah terjual hampir 700 copy.

Untuk yang malas mendesain website dari awal, bisa menggunakan 4 demo toko online yang sudah disediakan secara default.

Secara umum theme ini bagus banget, cocok untuk yang jualan franchise.

Lihat demonya disini

5. Konsept – Template Toko Online Aksesoris Interior

Theme WordPress for eCommece Konsept

Themes yang satu ini sebenarnya lebih cocok untuk teman-teman yang jualan furniture. Seperti lemari, meja, sofa dan aksesoris interior.

Dengan konsep desain yang sangat clean membuat calon pembeli lebih fokus pada produk daripada desain yang super keren.

Ini akan membantu anda meningkaktan konversi penjualan.

Theme WordPress yang satu ini sudah kompatibel dengan Gutenberg, Elementor dan yang pastinya dengan Woocommerce. SAngat cocok untuk anda yang punya banyak produk.

Disisi lain, theme ini juga fast loading, SEO friendly serta responsive.

Untuk teman-teman yang sedang cari tema WordPRess dengan desain yang clean, ini adalah pilihan yang sangat ideal menurut kami.

Untuk harga memang sedikit lebih tinggi, yakni $75. Cek demonya disini

6. Econic – Template Toko Online Minuman Kekinian

Template Toko Online WordPress

Bagi teman-teman yang ingin support usaha minuman kekinian dengan pemasaran online, bisa bikin website menggunakan themes yang satu ini.

Sebenarnya themes Econic ini tidak saja digunakan untuk menjual produk minuman saja, tapi juga produk pertanian dan herbal.

Ini adalah salah satu theme yang bisa digunakan untuk membuat toko online pertanian. Sudah support page builder Elementor dan Woocommerce.

Harga themes juga relatif murah, hanya $48 saja.

Tersedia sebanyak 8 pilihan demo siap pakai. Jadi, teman-teman tidak perlu khawatir karena kita tidak perlu desain dari awal lagi.

Cukup import demo yang sudah disediakan.

Penasaran dengan demo website toko online pertanian ini, cek disini

7. Bacola – Template Marketplace WordPress

Theme Toko Online WordPress Bacola

Themes toko online WordPress yang satu ini cukup berbeda dengan yang lain. Karena menggunakan themes ini kita bisa membuat marketplace sendiri.

Ya, jika anda ingin membuat marketplace dengan WordPress. Themes Bacola ini adalah solusi yang tepat. Karena tersedia fitur multi vendor.

Menariknya, themes ini dibangun menggunakan page builder Elementor. Sehingga kita bisa membuat desain dengan sangat mudah, hanya drag and drop.

Dari sisi SEO juga tidak perlu khawatir. Themes ini sudah mobile dan SEO friendly serta di optimasi untuk kecepatan yang baik.

Bagaimana dengan harga themes? Mmmm, murah banget. Hanya $49 saja.

Bagi teman-teman yang ingin membuat marketplace dengan WordPress, themes Bacola sangat kami rekomendasikan.

Penasaran? Yuk kita intip demo toko onlinenya disini.

8. Organico – Template Toko Online Produk Pertanian

Desain Toko Online WordPRess Organico

WordPress memang luar biasa.

Kita tidak saja disediakan themes untuk menjual produk fashion, kesehatan atau interior saja. Tapi juga bisa untuk produk-produk pertanian.

Jika teman-teman ingin membuat toko online produk pertanian, themes Organico adalah pilihan yang sangat ideal.

Kita bisa jual produk-produk pertanian mulai dari pupuk, pestisida dan lainnya.

Untuk yang masih awam dengan WordPress tidak perlu khawatir, karena theme ini sudah menyediakan 8 template siap pakai. Kita tinggal pilih, lalu import.

Fitur-fiturnya juga tidak kalah keren dari yang lain. Themes Organico ini sudah responsive, support Gutenberg, mobile friendly dan fast loading.

Harga themes WordPress ini juga relatif murah, hanya $39 saja. Ini jauh lebih murah dibandingkan dengan theme lain dengan harga $65.

Penasaran dengan demonya, silahkan lihat disini.

9. MyMedi -Template Toko Online Peralatan Kesehatan

Template toko online WordPRess myMedi

Jika teman-teman ingin membuat toko online untuk menjual produk-produk kesehatan, themes MyMedi adalah pilihan yang tepat.

Tidak saja karena themes ini bisa menggunakan WPBakery Page Builder, tapi juga bisa digunakan untuk banyak kategori sekaligus.

Maksudnya, themes ini support multiple produk.

Untuk basis toko onlinenya, MyMedi menggunakan plugin Woocommerce. Salah satu plugin toko online paling populer yang bisa digunakan secara gratis.

Khusus pemula, tidak perlu khawatir tidak bisa desain toko online. Karena themes ini menyediakan hingga 15 demo template toko online siap pakai.

Teman-teman tinggal import sesuai instruksi di panduannya.

Sekarang untuk mendapatkan toko online dengan desain bagus dan keren tidak sesulit dulu. Tidak perlu sewa programer dan keluar banyak uang.

Untuk demo dan harganya, bisa cek disini

Kenapa pilih template premium luar

Mungkin teman punya pertanyaan, kenapa beli template WordPress luar. Sementara ada banyak template toko online lokal.

Bukannya lebih baik beli yang lokal, tanda nasionalisme.

Ada banyak alasan kenapa kami akhirnya lebih suka beli theme luar dibandingkan theme lokal, kadang termasuk beli hostingnya.

Baik, saya akan jawab satu persatu.

Kenapa beli Template Premium

Pertama, kami ingin bahas “kenapa kita harus beli template premium”.

Cukup banyak yang tanya hal ini. Diluaran sana ada banyak template WordPress gratisan, kenapa musti beli yang premium.

Logikanya masuk banget, theme gratisan lebih hemat budget.

Tapi coba dipikirkan lebih jauh. Ketika anda membuat toko online, anda sedang memulai bisnis jangka panjang. Tidak setahun dua tahun.

Artinya, anda bakalan menggunakan theme tersebut dalam jangka waktu yang lama. Mungkin 2 tahun, 3, 4, 6 bahkan 10 tahun.

Kira-kira seberapa yakin anda tidak akan terjadi masalah dengan theme toko online gratisan. Error, tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru dan lain-lain.

Belum lagi resiko discontinue.

Kasus discontinue ini sudah seringkali kami alami. Terlanjur jatuh cinta pada theme tertentu, tapi akhirnya tidak dilanjutkan pengembangannya.

Nyesek banget. Sulit move on-nya.

Sementara kalau kita menggunakan themes premium, kita biasanya mendapatkan support dari pengembang. Kita bisa tanya jika ada error.

Disisi lain, karena dia berbayar. Themes Developer juga akan menginvestasikan banyak waktu dan tenaga untuk mengembangkannya menjadi lebih baik.

Kita tidak terlalu khawatir jika tiba-tiba discontinue.

Jadi, sampai disini kami harap anda paham. Kenapa kami sangat merekomendasikan anda membeli themes premium.

Walaupun harus mengeluarkan uang $40 – $65 untuk membeli lisensi.

Jika anda benar-benar serius ingin  berbisnis, maka angka tersebut tidak seberapa dari benefit yang bakalan anda dapatkan nantinya.

Kenapa beli Themes luar

Ini juga berangkat dari pengalaman.

Kami sudah membeli banyak sekali theme dan plugin karya lokal. Themes yang mereka buat keren-keren, Indonesia banget.

Fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan kita di lokal.

Bahkan harga themes toko online lokal jauh lebih murah di bandingkan dengan themes luar. Biasanya hanya Rp. 300.000 – Rp. 650.000 saja.

Tapi, yang paling sering kami alami adalah masalah discontinue.

Menurut kami ini masalah serius. Pengembang theme lokal banyak yang support hanya setahunan saja, setelah itu berhenti. Ghosting.

Kita ditinggal begitu saja. Bingung, akhirnya install theme baru lagi.

Tapi ini tidak semua, ada beberapa pengembang yang konsisten melanjutkan pengembangan themesnya hingga sekarang.

Kami harap, sampai disini anda paham. Mengapa kami sangat merekomendasikan beli themes WordPress luar yang sudah lebih mapan perusahaannya.

Opini Terakhir

Kami sangat merekomendasikan anda agar menggunakan WordPress untuk membuat toko online, walaupun ada platform lain yang tidak kalah keren.

Tapi, untuk yang baru mulai. Gunakanlah WordPress.

Untuk theme toko online, hati-hatilah dalam memilih. Pastikan fitur yang mereka tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda.

Ingat, kebutuhan dulu baru keinginan (selera).

Untuk anda yang belum tahu apa saja tips memilih themes toko online agar tidak kecewa dan uangnya sia-sia, silahkan baca tips memilih theme WordPress disini.

Perlu kami sampaikan bahwa tulisan kami ini adalah opini. Jika anda memilih beli themes lokal, itu baik-baik saja. Selama anda sudah mengukur resikonya.

Termasuk jika anda memutuskan untuk membeli themes bajakan yang beresiko disisipi script yang berbahaya. Itulah tindakan yang mestinya dipertimbangkan.

Yang paling penting, jualan anda laku dan keluarga senang.

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment