HomeBlog SalimSEO Dasar4 Tipe Keyword Konversi Tinggi yang Harus di Optimasi untuk Meningkatkan Penjualan

4 Tipe Keyword Konversi tinggi untuk meningkatkan penjualan produk dari trafik yang dihasilkan dari Google organik. Apa saja kata kuncinya dan bagaimana cara kita menemukannya, yuk kita bahas sama-sama.

Optimasi Keyword Konversi Tinggi

Kita sepakat bahwa kata kunci adalah jembatan antara calon pembeli (pencari informasi) dengan kita sebagai pemilik produk.

Kata kunci-lah yang mengantarkan mereka ke website kita.

Sayangnya, tidak semua kata kunci yang menuntun calon pembeli ke website kita memiliki konversi yang bagus.

Padahal kita sudah menghabiskan banyak sumber daya untuk mendorong kata kunci tersebut agar masuk halaman pertama Google.

Jika hal ini terjadi berulang, maka akan banyak sumber daya (waktu, biaya, tenaga) yang akan terbuang sia-sia tiada guna.

Oleh karenanya, urgen sekali mengetahui apa saja tipe kata kunci yang memiliki konversi bagus. Kemudian memprioritaskannya untuk di optimasi.

Jika mengikuti prinsip Pareto, tipe kata kunci konversi tinggi ini sebenarnya adalah 20% kata kunci yang berpengaruh pada 80% hasil (penjualan)

Kata kunci inilah yang menghasilkan 80% penjualan pada bisnis dan usaha anda. Sehingga harus diprioritaskan dibandingkan yang lain.

Nah, pada kesempatan ini Salim Digital ingin membahas topik ini lebih jauh lagi. Agar kita tidak salah optimasi keyword.

Sudah capek-capek optimasi, keluar banyak biaya dan waktu. Ketika sudah ranking malah tidak menghasilkan penjualan sama sekali.

Bukan keywordnya yang salah, kitanya yang tidak mau tahu.

Agar anda tidak mengalami hal yang sama, maka ada baiknya menbaca, memahami dan memanfaatkan tipe keyword ini untuk mendatangkan pengunjung ke website.

Baik, kita akan langsung bahas dibawah ini.

Tipe Keyword Konversi Tinggi

Ada banyak sebutan yang akan kita lihat terkait dengan penamaan keyword konversi tinggi. Apapun sebutannya nanti, yang penting anda paham konteknya.

Kita tidak perlu berdebat dengan penamaannya

1. Kueri Istilah Lokal

Sebenarnya sangat mudah mengidentifikasi kata kunci tipe ini. Karena memang setiap term yang diketikan pasti mengandung istilah lokal.

Misalnya, Jasa AC Jakarta

tipe kata kunci berbasis lokal
Gambar: Kueri berbasis lokal

Jika bisnis anda memiliki lokasi fisik, maka sangat disarankan untuk mengoptimasi tipe kata kunci ini. Dan yang paling menarik, konversinya sangat bagus.

Karena memang mereka yang menggunakan kueri ini untuk mencari informasi di Google memang sedang butuh layanan yang anda tawarkan.

Karena anda berada pada lokasi yang mereka maksud, maka peluang terjadinya penjualan/deal akan lebih mudah.

Untuk bisnis-bisnis yang berbasis lokal jangan pernah abaikan kata kunci ini. Karena kata kunci peluang dealnya besar sekali.

Sayang sekali kalau keyword lokal di daerah anda “di-invasi” oleh pemilik bisnis dari daerah lain. Hanya karena anda menganggap keyword ini volumenya kecil.

Padahal mereka bisa closing bertubi-tubi.

Anda bisa menemukan tipe kata kunci ini dengan melakukan riset keyword. Ada banyak sekali tool riset keyword yang bisa digunakan, salah satunya adalah Ahrefs.

2. Kueri pencarian Brand

Ya. Kueri pencarian brand juga memiliki konversi yang bagus.

Terutama untuk produk-produk yang sudah banyak dikenal dan fungsionalitasnya sudah sangat umum. Seperti brand sepatu, baju gamis dan lain sebagainya.

Misalnya, Gamis Busui Ukhti.

Ukhti adalah salah satu brand gamis yang cukup banyak diminati. Ketika anda menemukan keyword ini. Jangan abaikan, optimasi.

Apalagi jika anda juga menjual Gamis Busui dengan merek berbeda, maka anda bisa mengoptimasi kata kunci brand ini dengan angle komparasi, misalnya “Gamis Busui Ukhti vs Ummu, lebih adem mana

Benefitnya pilih yang brand anda lebih bagus.

Pada judul di atas, saya mengambil benefit “adem”. Itu kalau memang gamis yang anda jual memang lebih adem. Anda bisa gali benefit lainnya.

Ketika anda berhasil ranking di Google untuk kueri ini. Orang-orang yang tadinya mencari Gamis Busui Ukhti berpeluang membeli gamis yang anda tawarkan.

Anda bisa gunakan pendekatan kata kunci brand ini untuk produk dan layanan lain yang memang sudah banyak dikenal masyarakat.

3. Kueri berbasis Kebutuhan

Selain kueri lokal dan pencarian brand, anda juga sangat kami sarankan untuk optimasi keyword berbasis kebutuhan.

Kueri ini tidak saja terkait dengan jasa, kadang juga produk

Umumnya, mereka yang menggunakan kata kunci tipe ini sudah memiliki  budget untuk membayar/membeli produk yang sedang mereka cari.

4. Kueri Transaksional

Kueri transaksional adalah kata kunci yang digunakan calon pelanggan untuk menemukan layanan maupun produk yang ingin mereka beli.

Biasanya mereka menggunakan kueri ini untuk menemukan tempat yang tepat untuk membeli. Baik harga, kualitas dan lainnya.

Kata kunci transaksional konversi tinggi
Gambar: Kata kunci transaksional konversi tinggi

Jika dilihat dari sisi volume pencarian, jarang sekali yang volume pencarian bulanan lebih dari 1000, kalaupun ada tapi sangat sedikit.

Anda bisa mengidentifikasi kata kunci dengan melihat kombinasi kueri yang mereka gunakan. Seperti: jual, diskon, murah, beli, kupon, tempat membeli dsb.

Contoh keywordnya “jual backlink murah“.

Jika landing page atau halaman website anda memang dibuat untuk calon pelanggan yang berada pada tahapan ini, maka jangan lupa gunakan kueri diatas.

Selain akan memberikan konversi yang lebih tinggi. Google juga akan memberikan peringkat lebih baik, karena relevan dengan user intent.

Alat untuk menemukan kata kunci Konversi Tinggi

Sekarang anda sudah tahu apa saja tipe keyword yang memiliki konversi bagus untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan anda.

Cuma pertanyaannya, bagaimana cara mencari keyword tersebut?

Nah, pada bagian ini kita akan bahas beberapa tool riset keyword yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci konversi tinggi.

Baik, mari kita bahas lebih jauh.

1. Google Suggestion

Tool pertama yang bisa digunakan untuk mencari kata kunci konversi tinggi adalah Google Suggestion. Ini bisa digunakan secara gratis.

Caranya mudah sekali,

Pertama buka Google, kemudian ketikan kata kunci umum terkait dengan produk maupun layanan yang ditawarkan.

Misalnya: Konsultan Pajak

Karena kita ingin mencari kata kunci terkait “konsultan pajak” di seluruh Indonesia, maka kita tinggal ketikan “konsultan pajak * ” pada kotak pencarian

Selanjutnya, Google akan menampilkan daftar keyword terkait.

Menggunakan tool ini kita tidak bisa mengetahui volume pencarian dan level kompetisinya pada penelusuran Google.

Kita harus menggunakan tool yang berbeda.

2. Ahrefs

Praktisi SEO pasti kenal dengan tool ini.

Ahrefs merupakan tool SEO berbayar yang sangat powerfull untuk melakukan riset keyword, analisa kompetitor, analisa konten dan lainnya.

Hanya saja, tool SEO ini berbayar.

Kita bisa gunakan versi trial selama 7 hari dengan biaya $7. Setelah itu kita akan dikenakan biaya normal setiap bulannya. Paling murah $99 perbulan.

Akan tetapi, hasil yang kita dapatkan dari tool ini worth it dengan harga yang mereka tawarkan. Kita bisa cari kata kunci, analisa dan lainnya.

3. Ubersuggest

Tool ini sebenarnya bisa dijadikan alternatif dari Ahrefs.

Karena Ubersuggest bisa digunakan secara gratis dengan beberapa batasan. Hanya saja, fitur yang dimilikinya memang tidak selengkap Ahrefs.

Bahkan, informasi yang disajikan pada kita tidak terlalu mendalam seperti yang diberikan oleh Ahrefs. Walaupun tetap bisa digunakan.

Ya, ada rupa ada harga.

4. Tool Riset Kata Kunci lainnya

Sebenarnya ada banyak sekali tool yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci konversi tinggi. Berbayar maupun gratis.

Seperti Keyword Revealer, Moz, Semrush, Google Keyword Planner, Long Tail Pro, Google Search Console dan Google Analytics.

Untuk 2 tool terakhir hanya bisa digunakan ketika blog sudah punya trafik

Opini Terakhir

Untuk meningkatkan potensi konversi penjualan maka kita harus bisa menyeleksi trafik yang datang menggunakan kata kunci yang di optimasi.

Yakni kata kunci konversi tinggi. Ini adalah 20% sebab pada prinsip Pareto.

Fokus pada 20% keyword konversi tinggi tidak saja menghemat waktu, tenaga dan uang anda. Namun juga akan memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Mereka yang datang ke toko anda adalah mereka yang ingin bertransaksi.

Jadi, mulai sekarang cobalah lebih selektif dalam memilih kata kunci, kemudian gunakan dengan cara yang tepat. Maka hasilnya akan melebihi ekspetasi.

Tidak percaya? Silahkan dibuktikan saja.

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment