HomeBlog SalimSEO Hack5 Cara menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic website

“Mengungkap cara menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic website dan blog tanpa harus bayar iklan sama sekali. Kita juga akan bahas cara melihat traffic website menggunakan traffic checker gratisan”.

Meningkatkan Traffic Website dengan SEO

SEO merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website tanpa harus bayar iklan sama sekali. Anda cukup optimasi website sesuai kaidah Google.

Salah satu channel digital marketing paling diminati.

Hanya saja, untuk melakukannya anda harus tahu bagaimana cara menggunakan SEO yang benar. Sehingga pengunjung blog benar-benar naik.

Nah, khusus bagi teman-teman yang belum terlalu tahu bagaimana cara menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic website, mungkin tulisan ini bisa jadi panduan.

Yuk kita bahas sama-sama.

Apa itu Traffic dan kenapa ia penting

Cara meningkatkan traffic websiteKita sepakat bahwa kita tidak akan pernah menghasilkan profit tanpa andanya pembeli. Walaupun produk yang kita miliki super keren dan murah.

Ketika tidak ada yang tahu, melihat dan bahkan membeli. Produk kita hanya akan menjadi pajangan dan kemudian kenangan.

Dan untuk mendapatkan pembeli, kita harus mendatangkan trafik terlebih dahulu. Tanpanya, tidak akan ada pembeli dan produk yang terjual.

Jadi, apa itu traffic?

Traffic adalah orang yang datang atau berkunjung ke website kita melalui Google, Facebook, Instagram, Youtube dan media lainnya karena mereka berminat untuk mengetahui dan bahkan membeli produk yang kita tawarkan.

Untuk mendatangkan traffic ke website, kita harus melakukan serangkaian promosi, baik di Google maupun platform lain.

Hanya saja, Google adalah salah satu platform yang paling diminati sejak puluhan tahun lalu. Karena tingkat konversinya yang lebih bagus.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mendatangkan pengunjung dari Google menggunakan SEO (Search Engine Optimization)?

Itulah yang ingin kita bahas dibawah ini.

Setidakanya ada 5 langkah yang harus anda lakukan untuk mendatangkan traffic dari Google organik menggunakan teknik SEO. Diantaranya,

1. Memahami Cara Kerja Mesin Pencari

Langkah pertama yang paling krusial untuk diketahui adalah mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari, terutama Google.

Karena saat ini Google menguasai 97.74% market Indonesia.

cara menggunakan seo cara kerja googleKetika kita tahu bagaimana cara Google bekerja, maka diharapkan kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang memenuhi kriteria SEO Google.

Sebenarnya Google juga sudah membuat panduan webmaster terkait dengan hal ini. Tapi, jika anda ingin membaca melalui blog ini, silahkan baca tulisan kami terkait dengan Cara kerja Algoritma Google.

Tahu cara kerja Google adalah ilmu wajib ketika ingin belajar SEO.

2. Riset Keyword Potensial

Karena cara kerja mesin pencari Google berbasis kueri (kata kunci), maka tidak ada pilihan bagi kita selain melakukan riset keyword.

Riset keyword adalah proses menemukan keyword potensial untuk di optimasi menggunakan teknik SEO.

Kriteria keyword potensial ala Salim Digital adalah

  1. Volume pencarian sedang – besar
  2. Level Kompetisi Mudah – Sedang
  3. Intent keyword sesuai model bisnis

Kriteria volume bertujuan agar ketika kata kunci berhasil masuk halaman pertama Google, bisa mendatang traffic yang cukup bagi bisnis kita.

cara menggunakan seo website-riset keywordLevel kompetisi berkaitan dengan kemampuan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendorong kata kunci tersebuk halaman pertama Google.

Jika terlalu sulit, selain akan menghabiskan banyak sumber daya (waktu, uang dan tenaga), peluang berhasilnya juga lebih kecil.

Sedangkan intent keyword berkaitan dengan tingkat konversi trafik ketika mereka berkunjung ke blog atau landing page kita.

Jika traffic yang datang sesuai dengan intent yang kita harapkan, maka kita tidak harus jadi expert dibidang copywriting untuk mengkonversinya menjadi pembeli.

Dalam melakukan riset keyword ini, anda bisa menggunakan tool riset keyword gratisan dna berbayar.

Untuk yang gratisan bisa keyword planner, ubersuggest dan lainnya.

Sedangkan untuk yang berbayar, kami biasanya menggunakan Ahefs, Keyword Revealer, Moz dan juga SEMRush.

Jikta teman-teman memiliki kendala terkait dengan riset keyword ini, jangan menyerah dulu. Gunakan saja jasa riset keyword yang banyak ditawarkan di Google.

3. Membuat Artikel berkualitas

Setelah teman-teman menemukan kata kunci potensial sesuai kriteria yang sudah kami sebutkan diatas, langkah selanjutnya adalah menulis artikel.

Perlu diketahui, konten yang teman-teman sajikan adalah nyawa sebuah blog. Rasanya tidak ada cara meningkatkan pengunjung blog selain dengan menulis konten.

Dan ingat, kontennya harus berkualitas.

Sekali lagi, kami di Salim Digital memiliki kriteria sendiri bagaimana menulis konten berkualitas yang disukai Google dan juga pembaca. Diantaranya,

  1. Ditulis sesuai intent keyword
  2. Menyajikan data-data yang valid dan usefull
  3. Disajikan dengan cara yang unik, berbeda dengan yang lain.
  4. Mudah dipahami, tidak berbelit-belit.
  5. Menyertakan ilustrasi,  baik gambar maupun video
  6. Struktur konten yang memudahkan membaca

Pada bagian lain sebenarnya kami juga sudah menulis terkait dengan bagaimana cara membuat artikel berkualitas. Kalau tidak salah judulnya Cara membuat artikel seo untuk pemula

4. Optimalkan On Page Website

Ternyata memiliki konten berkualitas saja belum cukup.

Untuk meningkatkan traffic blog kita juga melakukan Onpage SEO. Sehingga konten yang diterbitkan lebih mudah dipahami oleh user dan mesin pencari.

Ada banyak sekali elemen Onpage SEO yang perlu kita optimasi, beberapa yang paling krusial dan penting adalah :

  1. Tag Judul dan Deskripsi
  2. Url Halaman
  3. Judul Halaman
  4. Subjudul
  5. 100-150 kata pertama
  6. Dan Page Speed website.

Onpage SEO adalah cara meningkatkan traffic blog/website yang paling mudah dan murah bahkan gratis, karena kita bisa melakukanna sendiri.

Anda hanya perlu tahu bagaimana cara melakukannya.

Untuk yang belum tahu bagaimana cara optimasi onpage ini, kami sarankan untuk membaca tulisan kami yang lain terkait bagaimana cara optimasi onpage SEO agar kinerja seo website makin bagus.

5. Optimasi Off-Page aka Link Building

Langkah teknis cara meningkatkan pengunjung blog berikutnya adalah optimasi SEO Off-Page, lazim juga disebut dengan Link Building.

Link Building adalah proses mengakuisisi (mendapatkan) backlink berkualitas dari website lain yang memiliki otoritas pada topik tersebut, baik secara sengaja maupun maupun diberikan tanpa diminta.

Dari banyak proses SEO, Link Building adalah tahapan yang paling sulit dan banyak menghabiskan biaya.

Itulah mengapa kami menempatkan Optimasi Off-Page ini dibagian paling akhir. Ini dilakukan hanya ketika cara sebelumnya tidak berhasil.

Strategi yang paling populer dalam melakukan SEO Off-Page ini adalah Private Blog Network (PBN), karena jauh lebih mudah, murah dan terkontrol.

Anda bisa membangun PBN anda sendiri dan kemudian memanfaatkannya untuk meningkatkan ranking website di Google.

Untuk anda yang suka dengan cara praktis, bisa memesan PBN pada penyedia Jasa Backlink PBN, Salim Digital salah satunya.

Setidaknya itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung blog yang kami rekomendasikan pada anda.

Cara melihat Traffic Website

Sebelumnya kita sudah bahas bagaimana cara menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic website tanpa bayar iklan sama sekali.

Nah, selanjutnya kita akan coba bahas bagaimana cara melihat traffic website yang sudah berdatangan menggunakan tool gratisan maupun berbayar.

Menggunakan Tool Gratisan

Ada banyak sekali tool gratisan yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung website dalam periode tertentu.

Hanya saja, untuk teman-teman yang cinta gratisan. Kami sarankan menggunakan Google Console dan Google Analytics saja.

Karena untuk menggunakannya cukup modal email gmail saja.

Adapun beberapa tool traffic checker lain yang juga bisa digunakan secara gratisan diantaranya adalah :

  1. Google Analytics
  2. Alexa
  3. SimilarWeb
  4. Ubersuggest
  5. SE Ranking
  6. Histats
  7. SiteChecker Pro
  8. WebCEO

Beberapa dari website diatas memiliki  versi Premiumnya. Tentu saja dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratis.

Tool Check traffic website versi berbayar

Terkadang kita membutuhkan data yang lebih lengkap dan lebih banyak. Pada posisi ini, maka kami menyarankan anda untuk menggunakan tool versi berbayar.

Traffic Checker versi berbayar kami lebih suka menggunakan Ahrefs. Karena ada banyak data tambahan yang bisa kita dapatkan.

Hanya saja, Ahrefs ini termasuk tool SEO yang cukup mahal. Harga langganan paling murahnya adalah $99 perbulan.

Sangat tidak friendly dengan budget kebanyakan blogger.

Adapun alternatif tool berbayar lain dengan harga langgan yang jauh lebih murah bisa anda lihat pada daftar dibawah ini :

  • Alexa
  • SimilarWeb
  • Ubersuggest
  • Ahrefs
  • SE Ranking
  • SEMRush
  • SiteChecker Pro
  • WebCEO

Anda bisa pilih salah satu tool traffic checker diatas sesuai budget dan kebutuhan. Karena terkadang mereka menyajikan data yang sedikit berbeda.

Terakhir

Pada postingan ini kita sudah membahas banyak hal. Mulai dari cara menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic website hingga tool yang bisa kita gunakan untuk melihat traffic website yang dihasilkan menggunakan teknik SEO tersebut.

Langkah berikutnya dan paling krusial adalah praktek.

Kami sarankan segeralah praktek. Gunakan teknik cara meningkatkan pengunjung blog yang kami bagikan diatas untuk mendatangkan trafik website anda.

Memang anda tidak akan melihat hasilnya secara instan.

Akan tetapi jika anda sudah memulainya, maka peluang anda untuk mendapatkan trafik menggunakan teknik ini akan akan semakin besar.

Author

Hi. Assalamu'alaikum. Senang sekali bisa terkoneksi dengan anda melalui blog ini. Mudah-mudahan tulisan kami bermanfaatkan untuk bisnis anda : )

Write A Comment